Jumat, 09 Okt 2020 11:54 WIB

Kaca Film Mobil ini Diklaim Anti Virus dan Bakteri, Harga Mulai Rp 2,5 Juta

M Luthfi Andika, M Luthfi Andika - detikOto
Kaca Film anti virus dan bakteri Kaca Film Anti Virus dan bakteri Foto: dok. PT Global Auto International (GAI)/ICE-U
Jakarta -

Kaca film umumnya berfungsi untuk menangkis sinar UV dan Infrared sinar matahari yang bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Untuk kali pertama di dunia, kini ada kaca film yang bisa menghalau virus dan bakteri dalam kabin mobil, termasuk virus COVID-19.

Teknologi kaca film anti virus dan bakteri ini disebut ICE-U Rikeguard dan mulai dipasarkan di Indonesia per Oktober 2020. Klaim anti virus yang dilakukan ICE-U bukan tanpa alasan, karena ICE-U Rikeguard merupakan satu-satunya kaca film transparan di dunia yang tersertifikasi SIAA (Society of International Sustaining Growth for Antimicrobial Articles) sebuah lembaga pengujian anti mikroba di Jepang yang langsung dikelola oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang.

Dijelaskan, dalam hasil pengujian produk ICE-U Rikeguard ini terbukti bahwa produk kaca film ini efektif untuk menekan semua jenis virus dan bakteri, serta mampu menonaktifkan 99,9 persen virus dan bakteri yang menempel dipermukaan kaca film.

Kaca Film anti virus dan bakteriKaca Film anti virus dan bakteri Foto: dok. PT Global Auto International (GAI)/ICE-U

"Virus dapat hidup lebih lama pada permukaan yang licin, seperti kaca dan logam, bahkan di layar ponsel pintar dan kaca mobil dapat mencapai 120 jam. Lapisan kaca film ICE-U Rikeguard menggunakan agen anti virus yang menarik virus dan bakteri bermuatan negatif. Agen anti virus bermuatan positif bereaksi dengan kelembapan di udara untuk menghasilkan oksigen aktif. Kemudian, daya oksidasi yang tinggi dari oksigen aktif menghancurkan selubung pelindung mikroba. Virus dan bakteri dinetralkan dalam proses ini, menjadikannya rentan dan tidak aktif," ujar Brand Manager PT Global Auto International, Arta Alfatha dalam media virtual conference.

Produk ICE-U Rikeguard yang ditawarkan ini terdiri dari RT70RG, RG70, dan RG40 untuk kaca mobil bagian depan, serta RG20 dan RG10 untuk kaca mobil bagian samping dan belakang. Dengan teknologi dan fungsi yang dimilikinya, harga yang ditawarkan bagi kaca film ini dapat dibilang relatif terjangkau.

"Saat ini, PT Global Auto International menawarkan produk kaca film anti virus dan anti bakteri ini mulai Rp 2.500.000 untuk mobil kecil, Rp 3.000.000 untuk mobil sedang dan Rp 3.500.000 untuk mobil besar. Untuk menjamin kepuasan pelanggan, PT Global Auto International juga memberikan jaminan purna jual selama 5 tahun. Selain itu kaca film ini bisa bertahan hingga 10 tahun," ucap Arta Alfatha, Brand Manager PT Global Auto International.

Kaca Film anti virus dan bakteriKaca Film anti virus dan bakteri Foto: dok. PT Global Auto International (GAI)/ICE-U

"Tujuan utama kami adalah untuk dapat mengurangi kekhawatiran masyarakat diberbagai kondisi lingkungan dan kesehatan yang tengah terjadi saat ini. Kami ingin menggunakan teknologi yang kami miliki untuk secara konsisten membantu semua orang di dunia menjalani kehidupan yang aman dan nyaman. Dan kaca film ini bukan baru kami kembangkan, tapi memang sudah kami kembangkan sejak 2018," imbuh Presiden Direktur PT Global Auto International, Andi Setiawan.



Simak Video "Perkenalkan! Xpander dan Xpander Cross Spesial Bernuansa Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com