Rabu, 29 Jul 2020 10:27 WIB

Ford Mulai Pekerjakan Tenaga Robot di Pabrik Mobil

Rizki Pratama - detikOto
Ford meminjam robot anjing pintar untuk memindai gambar 3D pabriknya. Ford pekerjakan robot anjing di pabriknya. Foto: carbuzz
Jakarta -

Bulan depan Ford akan menggunakan anjing robot di pabrik transmisinya di Michigan, Amerika Serikat. Robot ini akan bertugas memindai setiap inci fasilitas tersebut untuk membuat peta tiga dimensi yang sangat rinci. Peta itu akan digunakan Ford untuk melakukan penyegaraan bila saatnya tiba.

Anjing-anjing robot itu bukan buatan Ford, melainkan disewa dari Boston Dynamics. Itu merupakan perusahaan robotika dari Massachusetts Institute of Technology pada awal '90-an. Bagi yang aktif di media sosial mungkin pernah melihat video viral robot anjing ini. Robot yang dipinjam Ford ini berwarna kuning cerah dengan bobot 31 kg.

Untuk menjalankan tugasnya, robot anjing ini dilengkapi dengan pemindai laser dan lima camcorder berkualitas HD yang bekerja bersama untuk menangkap peta 3D digital berwarna. Robot anjing ini akan dilepaskan di Pabrik Transmisi Van Dyke Ford pada bulan Agustus untuk menghasilkan pemindaian lengkap dan menyeluruh dari fasilitas dalam kondisi saat ini sehingga para insinyur dapat memperbarui model CAD yang ada. Peta ini penting sebagai bagian dari proyek retooling untuk membangun bagian-bagian baru dari pabrik itu.

"Selama bertahun-tahun, perubahan dibuat dan jarang didokumentasikan. Dengan robot memindai fasilitas kami, kita dapat melihat seperti apa sebenarnya sekarang dan nanti membangun model teknik baru. Model digital itu kemudian digunakan ketika kita perlu memperlengkapi kembali pabrik untuk produk baru," jelas Manajer Teknik Digital Ford, Mark Goderis.

Ford menggunakan dua ekor robot anjing yang mereka beri nama Fluffy dan Spot. Masing-masing memiliki kapasitas baterai onboard yang cukup untuk beroperasi selama hampir dua jam dan mampu berjalan dengan kecepatan 4,8 kpj. Untuk menghemat daya, robot bisa mencari tumpangan dengan duduk di atas robot otonom kecil yang berfungsi sebagai transportasi cepat di pabrik.

Alasan Ford menggunakan robot ini karena biayanya yang lebih murah dibanding cara kovensional menempatkan banyak kamera di berbagai sudut. Metode itu menghabiskan setidaknya USD 300 ribu dan memakan waktu dua minggu.

"Dengan bantuan Fluffy, kita dapat melakukannya dalam separuh waktu," ujar Goderis.



Simak Video " Ford Mustang Mach-E, Si Gahar Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com