Sabtu, 18 Jul 2020 11:21 WIB

Ford Bronco Belum Seminggu Meluncur, Sudah Ada Tiruannya di China

Doni Wahyudi - detikOto
Wey P01 tiruan Ford Bronco Siluet P01 bikinan Wey yang diklaim menjiplak Ford Bronco (Wey)
Jakarta -

Di Amerika Serikat dan Eropa kehadiran Ford Bronco 2021 sudah sangat dinantikan. Setelah pada awal pekan ini dirilis secara digital, versi tiruannya ternyata juga siap meluncur di China.

Ford Bronco secara resmi menyapa dunia pada Senin (13/7) malam waktu Amerika Serikat. Versi tahun 2021 ini merupakan generasi ke enam Ford Bronco, setelah kendaraan berjenis SUV ini sempat mati suri sedari 1996.

Hanya beberapa hari setelah meluncur, Ford Bronco sudah punya 'saudara kembar' dari China. Dikutip dari The Drive sebuah mobil yang sangat mirip dengan Ford Bronco baru saja muncul dalam bentuk teaser.

Adalah pabrikan China bernama Wey yang punya SUV mirip dengan Ford Bronco. SUV garapan mereka dinamai dengan P01.

Dari teaser yang sudah beredar di dunia maya, P01 terlihat punya grille yang begitu mirip dengan Ford Bronco. Pun begitu lampu depan Ford Bronco yang berbentuk lingkaran yang dibelah oleh LED horzontal, juga terlihat pada P01.

Wey P01Wey P01 Foto: Wey

Kesamaan juga terlihat pada bagian tail lights. Sedikit perbedaan terlihat pada bagian fender, yang lebih mirip seperti kepunyaan Jeep Wrangler.

Dikutip dari Autoblog, P01 tidak serta merta meng-copy-paste Ford Bronco. Namun nuansa Bronco terlihat jelas pada banyak bagian mobil tersebut.

Bagaimana spesifikasi P01 belum diketahui sampai saat ini, karena belum ada keterangan resmi yang dirilis. Namun diyakini P01 tidak akan dibekali V8 atau twin-turbocharged V6, seperti kepunyaan Bronco pada dapur pacunya.

Untuk diketahui, Wey merupakan brand yang baru muncul pada 2017. Wey adalah bentukan Great Wall Motors, salah satu pabrikan mobil besar di China yang sudah ada sejak periode 1980-an.

Great Wall Motors juga sudah menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan otomotif dunia, termasuk BMW. Beberapa tahun laly Great Wall Motors sempat dikabarkan berupaya membeli Chrysler.

Apakah P01 benar-benar merupakan tiruan Ford Bronco? Wey berencana merilis SUV terbaru mereka pekan depan. Menarik dinantikan bagaimana tampilan penuh dan spesifikasi SUV P01 ini.

Berbicara soal China, ini bukan kali pertama pabrikan mobil di sana membuat tiruan dari kendaraan lain bikinan Eropa atau Amerika Serikat. Pabrikan China sempat mengkloning Land Rovers dan BMW X5.



Simak Video " Ford Mustang Mach-E, Si Gahar Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com