Sabtu, 01 Feb 2020 11:42 WIB

E-TLE Motor Berlaku, Biker Ingatkan Tagihan Tilang Jangan Salah Alamat

Luthfi Anshori - detikOto
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerapkan tilang elektronik atau E-TLE bagi pengendara sepeda motor di Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakpus. Tilang elektronik diberlakukan pada 1 Februari 2020. Foto: Rifkianto Nugroho

Menurut Dedi, tagihan denda tilang elektronik jangan sampai salah alamat. "Bila tagihan penilangan ke alamat STNK yang tertera, bagaimana bila motor tersebut sudah ada di tangan pihak kedua (setelah dibeli), lalu apakah tagihan masih masuk ke tangan pemilik pertama?," kata Dedi.

Terkait hal itu, pejabat Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya saat itu, AKBP M Nasir pernah menjelaskan soal detal mekanisme tilang elektronik. Surat tilang memang dilayangkan ke alamat yang sesuai dengan yang tertera pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Namun dalam proses pengiriman surat tilang itu, pihak kepolisian juga menyertakan surat konfirmasi. Surat konfirmasi ini merupakan ruang bagi yang ditilang untuk membela diri atau mengoreksi apabila terdapat kekeliruan dalam proses tilang tersebut.

Ada beberapa cara untuk melakukan konfirmasi terkait tilang elektronik. Masyarakat bisa melakukannya via website (https://etle-pmj.info/) atau datang langsung ke kantor Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com