Senin, 18 Feb 2019 18:12 WIB

Soal Bahan Bakar B100, Mitsubishi Fuso: Kita Jalani Dulu B30

M Luthfi Andika - detikOto
Ilustrasi Bio Solar Foto: Achmad Dwi Afriyadi Ilustrasi Bio Solar Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Bahan bakar pengganti atau bahan bakar yang tidak 100% menggunakan bahan bakar fosil kembali ramai dibicarakan setelah Calon Presiden (Capres) No. 01 Joko Widodo, memimpikan untuk bisa menerapkan bahan bakar biodiesel B100 di masa mendatang.

Tentu ini menjadi perhatian para pelaku industri, khususnya para produsen bus dan truk di Indonesia. Karena bukan rahasia lagi, bahwa para pelaku bisnis bus dan truk-lah yang kerap mengkonsumsi bahan bakar diesel.



Menurut Direktur Penjualan dan Pemasaran Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Duljatmono, selaku distributor resmi Mitsubishi Fuso truk dan bus, sebelum membicarakan lebih jauh akan rencana bahan bakar B100 ada baiknya pemerintah melakukan secara bertahap untuk bisa menerapkan bahan bakar B100.

"Sekarang-kan B20, pemerintah sudah mengarah B30, jadi kita jalani dulu. Untuk komentar B100 saya belum bisa kasih komentar apa-apa, karena tahun ini baru tes bahan bakar B30. Dan ini, sedang kita ingin jalani dengan Departemen Perindustrian," ujar Duljatmono.



"Jadi untuk B100 saya belum tahu, seperti apa, spesifikasinya seperti apa," tambahnya.

Duljatmono juga menambahkan, jika memang benar-benar sudah ada bahan bakar B100, Pemerintah harus memberi kesempatan untuk para produsen untuk melakukan pengujian, agar bahan bakar ini bisa diserap dengan baik oleh para pabrikan.



"Tapi pengujian juga perlu jika sudah ada B100-nya, bisa atau nggaknya. Tapi saat ini belum bisa kasih komentar, kita bertahap dahulu saja, seperti rencana sekarang untuk pengujian B30. Kalau ada perubahan lagi, perlu didiskusikan terlebih dahulu, detail B100 seperti apa, gambaran apa, spesifikasi bahan bakarnya seperti apa," ujarnya.

"Terus terang ini perlu para ahli dan pelaku otomotif, karena perlu dibicarakan dan diskusi terlebih dahulu," tambahnya.


Simak juga video 'Bidik Perhatian Investor, 6 BUMN Gandeng Surveyor Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]


Soal Bahan Bakar B100, Mitsubishi Fuso: Kita Jalani Dulu B30
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com