Selasa, 15 Jan 2019 08:12 WIB

Berita Populer Otomotif

Naik Motor Miskin, Komunitas Anti-helm karena Bikin Rambut Rontok

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Trotoar Jalan Suryopranoto Diserobot Pemotor. Foto: Rifkianto Nugroho Trotoar Jalan Suryopranoto Diserobot Pemotor. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Seorang anak di Malaysia terkesan polos. Dia bertanya kepada ayahnya, "Apakah naik motor itu miskin?" Begitu kira-kira pertanyaannya.

Pertanyaan tersebut cukup lucu. Anak itu menanyakan kepada ayahnya lantaran teman-temannya bilang jika mengendarai sepeda motor kita miskin.

Hafizul Hakim, seorang ayah yang berasal dari Malaysia membagikan pengalamannya di jejaring Facebook. Altamis, putra dari Hafizul Hakim yang mempunyai pertanyaan unik tersebut.

Kisah seorang anak yang menanyakan apakah naik motor berarti miskin tersebut menjadi salah satu berita populer otomotif selama Senin (14/1/2019) kemarin. Selain itu, ada beberapa berita populer lainnya seperti komunitas anti-helm karena helm bikin rambut rontok, Suzuki Jimny berlabel Toyota, hingga truk proyek tol yang bikin pemotor celaka. Berikut ringkasan berita populernya.

1. Ayah, Naik Motor Itu Miskin?

Altamis, putra dari Hafizul Hakim bertanya kepada ayahnya apakah mengendarai motor berarti miskin? Anak itu bertanya sambil menunjuk kepada sepeda motor matik kesayangan milik ayahnya yang sudah bersama selama 9 tahun.

Hafizul sempat heran dengan pertanyaan anaknya tersebut, kemudian bertanya kepada putranya apakah dia tahu arti sebenarnya dari menjadi miskin, karena Hafizul ingin tahu seberapa banyak yang diketahui si anak tentang kata tersebut.

"Erm. Mereka tidak punya cukup makanan untuk dimakan, mereka tidur di bawah jembatan, mereka tidak mandi dan mereka mengenakan pakaian yang sobek," jawab putranya.

"Memiliki motor bukan berarti miskin, terkadang orang yang punya mobil pun pusing karena cicilannya yang belum dibayar. Kalau motor ayah kan sudah lunas sejak lama," ujar Hafizul.

"Aku belum kaya dan aku masih bekerja keras untuk membayar rumah, untuk membeli popok adik dan makanan," kata Hafizul sembari memasangkan helm corak bumblebee di kepala sang anak.

2. Bikin Rambut Rontok, Kelompok Anti Helm Didirikan!

Prosesi Penguburan Helm karena Tidak Suka Pakai Helm. Prosesi Penguburan Helm karena Tidak Suka Pakai Helm. Foto: Istimewa


Di India ada sekelompok orang anti-helm yang menamakan dirinya Helmet Sakti Virodhi Kruti Samiti, yang artinya helm adalah seperangkat antagonis kekuasaan. Inti dari protes itu adalah untuk melawan peningkatan penegakan hukum wajib helm oleh pemerintah India di kota itu selama dua minggu terakhir. Setidaknya polisi setempat telah memberikan 9.500 surat tilang kepada pengendara motor yang tidak memakai helm saat itu.

Kelompok ini mengklaim bahwa mereka benar-benar percaya pada keselamatan, tetapi mereka juga percaya bahwa adalah akal-akalan pemerintah. Selain itu, mereka yang tidak percaya pentingnya helm. Karena, lalu lintas kota jarang melebihi 30 km/jam, maka tidak ada risiko cedera kepala yang signifikan dalam kecepatan rendah.

Asumsi ini jelas tidak benar, banyak pengendara motor yang tewas di jalan bahkan dalam keadaan berhenti. Kecelakaan lalu lintas tidak hanya disebabkan oleh kecepatan tinggi.

Alasan paling menarik lainnya yang menjadi motif kelompok tersebut adalah mereka percaya helm meningkatkan cedera tulang belakang dan bahkan kerontokan rambut. Memang benar bahwa dalam kasus yang sangat jarang, berat tambahan helm di kepala Anda dapat menyebabkan cedera tambahan. Namun, jumlah nyawa yang diselamatkan oleh helm jauh melebihi jumlah kasus seperti ini.

3. Ada Jimny tapi Kok Mereknya Toyota?

Suzuki Jimny Disulap Jadi Toyota Land Cruiser. Suzuki Jimny Disulap Jadi Toyota Land Cruiser. Foto: Dina Rayanti


Di Tokyo Auto Salon 2019 banyak modifikator yang mengubah tampilan Jimny. Salah satunya adalah modifikator yang mengubah kodrat Jimny menjadi mobil keluaran Toyota yakni Land Cruiser.

Jimny mungil yang wajah depannya diganti menjadi sangat mirip dengan Land Cruiser itu digarap oleh Ladder Frame Factory. Tak hanya itu, di bagian depan bukan logo Suzuki yang tertempel di sana. Jelas tulisan 'Toyota' terpampang di bagian depan mobil.

Lapisan krom juga cukup mendominasi bagian list grille depan dan juga lower grille.

Di bagian belakang pun lambang Toyota tertulis di bagian bawah kiri. Tampaknya untuk bagian mesin sang modifikator tak mengubah banyak.

Dalam data spesifikasi yang terpasang di samping mobil, Jimny 'Land Cruiser' masih mengusung mesin 660cc. Perlu diketahui, Jimny bermesin 660cc khusus hanya untuk pasar Jepang.

4. Truk Proyek Tol Bikin Jalanan Licin, Ada Pemotor yang Jadi Korban

Truk Proyek Bikin Jalanan Kotor. Truk Proyek Bikin Jalanan Kotor. Foto: Foto Pembaca


Senin (14/1/2019) pagi, banyak truk pengangkut tanah merah hasil galian proyek jalan tol Serpong-Cinere terparkir di dekat Kelurahan Pondok Cabe.

Petugas Kelurahan Pondok Cabe Udik 'menahan' truk-truk itu agar tidak beroperasi sebagai akibat dari munculnya protes warga dan pengguna jalan. Tanah merah yang berjatuhan dari truk membuat jalanan di sepanjang Pondok Cabe menjadi kotor.

Karena banyak tanah yang berceceran, jalanan menjadi licin. Saat panas, jalanan mengering dan berdebu. Seperti yang diungkapkan oleh Lurah Pondok Cabe Udik Abdul Malik.

"Tadi kurang lebih 20 truk, kemudian saya suruh kembali ke Parung Panjang dan saya imbau kalau bekerja jangan pada saat hujan, karena itu pasti meninggalkan kotoran dan membuat licin jalan," ungkap Abdul Malik saat dihubungi detikOto.

Kondisi jalan yang telah dilintasi oleh truk tersebut juga dinilai mengancam keselamatan pengguna jalan. Bahkan sudah memakan korban luka-luka.

Untuk itu menjamin keamanan warga, Lurah Pondok Cabe Udik mengimbau pihak operator agar memperhatikan kondisi jalan yang jadi kotor.

5. Bird Box Challenge Bikin HR-V Remuk

Bird Box Challenge Bikin HR-V Remuk. Bird Box Challenge Bikin HR-V Remuk. Foto: Twitter Departemen Kepolisian Layton


Tantangan yang muncul dari film Netflix berjudul 'Bird Box', yaitu Bird Box Challenge akhirnya memakan korban. Tantangan melakukan sesuatu dengan mata tertutup itu membuat HR-V remuk.

Seorang remaja di Utah, Amerika Serikat, melakukan tantangan Bird Box Challenge dengan mengemudi tanpa melihat. Seorang gadis 17 tahun di Utah, Amerika Serikat menabrakkan mobilnya ke kendaraan lain saat mengemudi mengenakan penutup mata. Untungnya, tidak ada yang terluka meski terdapat kerusakan pada body samping sebuah Honda HR-V berwarna putih.

Menurut salah seorang polisi di Departemen Kepolisian Layton, Letnan Travis Lyman mengatakan pengemudi wanita berusia 17 tahun itu tidak sendirian di dalam mobil pada saat kecelakaan, karena ia ditemani oleh seorang remaja lainnya.

Layton PD mengirimkan tweet setelah kecelakaan, bersama dengan gambar-gambar mobil: "Bird Box Challenge sambil mengemudi ... hasil yang dapat diprediksi. Ini terjadi pada hari Senin sebagai akibat dari pengemudi yang menutupi matanya saat mengemudi di Layton Parkway. Untungnya tidak ada yang terluka." (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed