Rabu, 09 Jan 2019 12:10 WIB

Kata Jokowi Macet Bikin Rugi Rp 65 Triliun, Ini Kerugian Lain

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Macet. Foto: Rachman Haryanto Macet. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas (ratas) bersama beberapa menteri kabinet kerja. Rapat itu membahas pengelolaan transportasi Jabodetabek yang diharapkan bisa mengurai kemacetan.

Jokowi bilang kerugian akibat kemacetan di wilayah Jabodetabek mencapai Rp 65 miliar per tahun.

"Saya hanya membayangkan hitungan Bappenas yang saya terima setiap tahun kita kehilangan Rp 65 triliun di Jabodetabek gara-gara kemacetan. Rp 65 triliun per tahun," kata Jokowi dikutip detikFinance, Selasa (8/1/2019).



Dikutip dari berbagai sumber, kemacetan lalu lintas memang menimbulkan kerugian yang besar. Bukan cuma materi, sampai kesehatan pun bisa terpengaruh akibat kemacetan.

Efek negatif dari macet antara lain waktu pengendara dan penumpang yang terbuang sia-sia. Mereka menjadi tidak produktif karena hanya menghabiskan waktu di jalan sambil menunggu kemacetan. Bahkan disebutkan, kemacetan mengurangi kesehatan ekonomi regional.

Dampak lain, pengendara maupun penumpang kendaraan akan terlambat sampai tujuan. Alhasil, mereka tidak bisa hadir tepat waktu pada pekerjaan, rapat, sekolah, bahkan hingga mengakibatkan hilangnya bisnis, tindakan disipliner atau kerugian pribadi lainnya.



Gara-gara macet juga pengendara maupun penumpang tidak mampu memperkirakan waktu perjalanan secara akurat. Jadinya, banyak orang yang mengalokasikan waktu lebih banyak untuk 'jaga-jaga' kalau jalanan macet sehingga lebih sedikit waktu untuk kegiatan produktif.

Macet juga membuat bahan bakar kendaraan terbuang sia-sia. Kerugiannya banyak, pengeluaran bahan bakar jadi lebih boros, polusi udara lebih tinggi, emisi karbon dioksida lebih tinggi karena kendaraan lebih banyak diam sementara mesin tetap menyala.



Karena macet, komponen kendaraan jadi cepat aus. Sebab, kendaraan lebih sering akselerasi dan mengerem akibat macet. Alhasil, perbaikan dan penggantian suku cadang kendaraan jadi lebih sering.

Macet juga menimbulkan kerugian dari segi mental pengemudi. Pengendara jadi gampang stres dan frustrasi sehingga membuat mereka lebih cepat marah.

Kendaraan darurat seperti mobil pemadam kebakaran atau ambulans jadi kesulitan menjangkau tempat tujuan dengan cepat karena macet. Efek lain akibat macet, jalan tikus atau jalan alternatif jadi ikutan kena imbasnya. Selain itu, macet membuat peluang tabrakan lebih tinggi karena jarak antar-kendaraan yang lebih rapat ditambah kondisi stop and go.


Tonton juga video 'Pak Jokowi, Sehatkah Ekonomi Nasional Negara Kita?':

[Gambas:Video 20detik]


Kata Jokowi Macet Bikin Rugi Rp 65 Triliun, Ini Kerugian Lain
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed