Selasa, 08 Mei 2018 13:36 WIB

Malaysia Bakal Sediakan Tempat Meneduh untuk Pengendara Motor, Indonesia?

M Luthfi Andika - detikOto
Malaysia Bakal Sediakan Tempat Meneduh untuk Pengendara Motor, Indonesia? Foto: Rengga Sancaya Malaysia Bakal Sediakan Tempat Meneduh untuk Pengendara Motor, Indonesia? Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Siapa yang tidak setuju, bahwa pengendara motor di Indonesia sangat banyak bahkan melebihi pengendara mobil. Nah rasanya wajar jika pemerintah sudah mulai lebih memikirkan pengendara roda dua.



Bahkan Indonesia bisa meniru Malaysia, karena negeri Jiran ini sudah memikirkan untuk membangun satu bangunan khusus pengendara yang hendak meneduh disaat hujan tiba. Bagaimana dengan Indonesia ya?

Karena bukan rahasia umum, meski sepeda motor kerap menjadi transportasi alternatif yang mampu menerobos kemacetan. Namun disaat hujan tiba dan membuat pengendara motor menepi sembarangan kerap mengganggu pengendara lain.

Seperti pemberitaan detikOto sebelumnya, Malaysia sudah sangat serius untuk memikirkan para pengendara roda dua. Karena pemerintah Malaysia menilai tempat berteduh yang ada di Malaysia belum maksimal, bahkan baru-baru ini sempat terjadi kecelakaan antara pengendara motor yang sedang meneduh dengan sebuah mobil. Mobil tersebut menabrak pemotor yang sedang berteduh di bawah terowongan jalan tol.



Lembaga riset keselamatan jalan Malaysia (MIROS) pun meminta agar pemerintahnya bisa menyediakan tempat pemotor berteduh yang lebih aman ketika hujan agar kejadian tersebut tak terulang.

Tempat berteduh para pemotor ini seharusnya berada di lokasi yang cukup terang sehingga pengguna jalan lain khususnya pengendara mobil bisa melihat kalau ada kendaraan lain yang sedang berhenti agar lebih waspada.

"Tempat meneduh pemotor saat hujan harusnya tak berada di pojok-pojok untuk mencegah kendaraan lain menabrak para pemotor. Selain itu, tempat teduh juga harus memiliki ruang yang lapang agar bisa menampung para pemotor," jelas Tan Sri Lee Lam Thye, bos MIROS.

Bagaimana menurut Otolovers? Kira-kira pemerintah Indonesia perlu menyediakan tempat untuk berteduh bagi pengendara roda dua tidak ya? Otolovers pun bisa mengirimkan masukan ke redaksi@detikoto.com. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed