Selasa, 07 Jan 2020 08:04 WIB

Round-Up

Urus STNK dan BPKB yang Rusak atau Hilang karena Banjir

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Mindra Purnomo/detikcom Foto: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta - Banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya di awal tahun 2020 ini membuat dokumen penting turut menjadi korban. Dokumen kendaraan bermotor seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) atau Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tak jarang ikut rusak atau bahkan hilang.

Tapi tenang, BPKB dan STNK yang rusak atau hilang tetap bisa diurus kok. Nantinya pemilik kendaraan akan mendapat pengganti BPKB dan STNK yang rusak atau hilang tersebut.



Untuk mengurus penggantian dokumen kendaraan yang rusak atau hilang karena banjir, Ditlantas Polda Metro Jaya membuka posko pelayanan STNK bencana banjir. Posko itu dibuka di Samsat jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya.

Posko Layanan Pengurusan STNK dan BPKB Rusak Akibat Banjir. Posko Layanan Pengurusan STNK Rusak Akibat Banjir. Foto: Istimewa


"Dalam rangka menyikapi kondisi wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya yang telah terkena musibah banjir pada awal tahun 2020 dan mengakibatkan sejumlah kerusakan, termasuk di antaranya dokumen/surat-surat kendaraan, maka Sie STNK Ditlantas Polda Metro Jaya membuka Posko Pelayanan STNK Bencana Banjir, di Samsat Jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya, dengan tujuan untuk memberikan pelayanan prioritas/khusus terhadap masyarakat yang STNK-nya rusak/hilang akibat banjir, sehingga dapat terlayani dengan cepat," tulis keterangan resmi yang dibagikan Kasubdit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Ditlantas Polda Metro Jaya Kombes Sumardji kepada detikcom melalui pesan Whatsapp, Senin (6/1/2020).



Sumardji menyebut, pihaknya kini tengah membuka posko pelayanan STNK bencana banjir. Posko itu dibuka di Samsat jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya.

"(Posko dibuka) sampai batas akhir belum ditentukan," katanya.

Apa saja syarat dan berapa biaya yang diperlukan untuk mengurus STNK dan BPKB yang rusak atau hilang karena banjir? Simak halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com