Supaya Nggak Nyesel Beli Motor Bekas, Cek Bagian-bagian Ini

ADVERTISEMENT

Supaya Nggak Nyesel Beli Motor Bekas, Cek Bagian-bagian Ini

Dina Rayanti - detikOto
Minggu, 04 Des 2022 07:03 WIB
Jual-beli motor bekas Antara Motor
Motor bekas. Foto: dok. Antara Motor
Jakarta -

Pilihan motor baru semakin hari makin bertambah. Tentunya harganya juga terus meningkat. Paling tidak, untuk meminang motor baru kamu harus menyiapkan uang mulai Rp 18 jutaan ke atas. Kalau budgetnya kurang dari itu, alternatifnya adalah meminang motor bekas.

Harga motor bekas setidaknya lebih ramah di kantong. Namun tidak seperti motor baru yang semuanya serba baru, saat membeli motor bekas harus lebih teliti. Nah, buat kamu yang tengah mempertimbangkan motor bekas berikut ini tips memilih motor bekas dikutip detikcom dari laman Wahana Honda.

1. Cek Jarak Tempuh

Jarak tempuh merupakan salah satu indikasi yang menandakan usia motor. Lewat jarak tempuh kamu bisa memperkirakan usia serta daya jelajah motor tersebut. Namun perlu diperhatikan ada juga odometer yang sudah direset. Kalau sudah begitu perhatikan tampilannya, apa mungkin dengan jarak tempuh masih minim namun tampilannya sudah kurang baik.

2. Nyalakan Motor

Kalau sudah melihat odometernya, kamu juga bisa memastikan kondisi motor dalam posisi menyala. Saat menyala, perhatikan kondisi langsamnya lancar atau tidak. Langsam ini paling mudah mengidentifikasi apakah kondisi motor masih baik atau tidak.

3. Cek Kondisi Busi

Selanjutnya kamu bisa mengecek kondisi busi. Pastikan apakah kondisinya masih layak atau sudah jelek. Bila terlihat di bagian kepala menghitam, itu artinya kondisi busi sudah tidak bagus dan waktunya diganti.

4. Perhatikan Transmisi

Buat kamu yang kepincut membeli motor bebek bekas ataupun motor kopling, cek bagian transmisi. Kamu bisa menjajal motor dan mengoper giginya, pastikan bahwa tidak ada masalah saat perpindahan gigi.

5. Cek Karburator

Terakhir adalah memastikan bagian karburator. Cek kondisi karburator ataupun injeksinya. Jika indikator injeksi tidak menyala, kondisinya masih bagus. Tapi jika kondisinya menyala maka harus segera dicek ulang.



Simak Video "Kapan Sebaiknya Motor Ganti Oli?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT