ADVERTISEMENT

Oli Gardan Lebih Awet, Catat Waktu Tepat untuk Menggantinya!

M Luthfi Andika - detikOto
Minggu, 17 Jul 2022 11:43 WIB
Oli Gardan
Penggantian Oli Gardan Foto: Pool (istimewa)
Jakarta -

Bagi pengendara motor matic harus tahu nih pentingnya oli gardan, gear oil atau oli gear matic, atau orang awam kerap menyebutnya dengan istilah oli gardan matic. Layaknya oli pada mesin, oli gardan juga memiliki peran penting.

Dijelaskan Technical Specialist PT Pertamina Lubricants, Brahma Putra Mahayana, sama halnya oli mesin, oli gardan motor matic wajib diganti secara rutin. Hanya saja durasi pergantiannya relatif lebih lama ketimbang oli mesin.

"Durasi penggantiannya dapat melihat panduan OEM di manual book, biasanya antara 8.000 - 10.000 km tergantung jenis motornya. Namun kadang kala ada juga mekanik yang menyarankan menggunakan perbandingan 2:1," kata Putra.

"Biasanya ini hanya untuk memudahkan agar pengendara tidak lupa kapan terakhir ke bengkel atau ganti oli. Artinya, oli gardan diganti bersamaan ketika ganti oli mesin untuk kedua kalinya. Tetapi yang paling tepat adalah mengikuti panduan dari OEM. Apabila hal ini dilakukan secara rutin, maka kinerja transmisi pada motor matic akan tetap terjaga," jelasnya.

Dijelaskan oli gardan memiliki fungsi vital untuk melindungi bagian transmisi motor matic. Tercatat ada 3 fungsi utama oli gardan, yang harus diketahui detikers.

1. Mengoptimalkan kerja transmisi yang bertugas meneruskan output mesin ke roda.

2. Melindungi komponen seperti gear pada motor matic.

3. Ketiga, keberadaan oli gardan membuat pergerakan transmisi menjadi halus.

Tapi kira-kira apa yang akan terjadi jika ganti oli gardan di motor matic tidak teratur ya? Putra mengatakan, jika hal tersebut terjadi hal yang akan terasa adalah munculnya suara berisik dari box CVT (Continuously Variable Transmission) motor matic dan cukup mengganggu kenyamanan berkendara.

Oli GardanOli Gardan Foto: Pool (istimewa)

"Ini dikarenakan oli gardan matic tersebut viscosity-nya sudah berubah dari semestinya, bisa lebih kental atau lebih encer, atau mungkin sudah terkontaminasi oleh air, debu, atau partikel2 logam lain. Selain itu, getaran juga timbul lantaran pelumasan pada bagian CVT tidak berjalan sempurna," tambah Brahma.

Putra kembali memaparkan jika terdapat gejala demikian, segera ganti oli gardan motor matic detikers. Tak lupa periksa bagian CVT untuk mengetahui lebih jelas bilamana ada komponen yang rusak. Untuk penggantian oli garden matic, diperlukan pula produk terbaik yang punya formulasi khusus dengan keunggulan tingkat gesek rendah, mampu melumasi celah tersempit CVT dan bekerja optimal pada temperatur tinggi.

Kemampuan demikian bisa didapat pengguna motor matic pada Enduro Gear Matic. Oli transmisi dari PT Pertamina Lubricants (PTPL) dengan spesifikasi SAE 20W 40 ini dibuat berbasiskan oli sintetis dan formulasi aditif Extreme Pressure. Artinya, konsistensi performa oli dapat terjaga meski kekentalan oli pada suhu panas.



"Enduro Gear Matic punya spesifikasi SAE 20W-40 yang dikembangkan dari oli sintetis dengan aditif Extreme Pressure sehingga dapat menjaga kekentalan oli dan melindungi gear dari gesekan berlebih dalam suhu panas yang ekstrem sekalipun. Oli gardan ini juga punya kelebihan yang bisa mencegah air menempel pada komponen CVT sehingga mencegah risiko terjadi karat," ujar Putra lebih lanjut.

Enduro Gear Matic kemasan 120 ml juga dirancang melindungi komponen penggerak roda secara maksimal. Produk ini mampu menjaga gigi-gigi penggerak terus terlumasi oli dan melindunginya dari menempelnya air ke bagian tersebut. Dengan kata lain, mengurangi risiko komponen mengalami korosi atau karat. Walau begitu, tetap disarankan bagi pengguna motor matic untuk segera mengganti oli gardan setelah melewati banjir.



Simak Video "Biar Awet! Ini Cara Merawat Motor Matik di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT