Bengkel Motor Terdekat: Cara Mencari & Tips Memilihnya

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 25 Mar 2022 09:08 WIB
Sejumlah warga mendatangi bengkel di Jakarta Utara untuk melakukan uji emisi motor. Biaya uji emisi motor itu dibanderol seharga Rp 50 ribu.
Tips memilih bengkel motor terdekat (Pradita Utama/detikoto)
Jakarta -

Bengkel motor terdekat dengan tempat tinggal sering jadi pilihan kita saat harus melakukan servis rutin atau ketika ada kerusakan kendaraan. Bagaimana mencari dan memilih bengkel motor paling dekat yang juga bisa dipercaya menangani motor atau mobil kesayangan?

Tak bisa dipungkiri, tidak semua pemilik bengkel jujur terhadap pelanggan. Terkadang, masih ada saja sejumlah oknum nakal yang melakukan kecurangan, misalnya harga suku cadang yang sengaja dibuat mahal atau mengganti oli motor dengan jenis oplosan.

Alhasil, motor kamu yang harusnya kembali prima setelah diservis malah justru mengalami kerusakan pada sejumlah komponen. Tentu hal tersebut sangat merugikan bukan?

Karena itulah masih banyak pemilik motor memilih berganti bengkel jika dirasa pelayanan yang didapat tidak memuaskan. Bisa jadi karena pelayanan yang kurang oke, harga bengkel terlalu mahal, atau perkara kenyamanan.

Usai libur Lebaran Idul Fitri 1442 H, bengkel roda dua penuh diserbu pengunjung yang ingin memperbaiki kendaraannya.Memilih bengkel motor terdekat tak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan Foto: Rengga Sancaya

Cara Mencari Bengkel Motor Terdekat dan Tips Memilih Bengkel Motor

Lalu, bagaimana tips memilih dan mengetahui bengkel motor yang aman serta terpercaya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah cara memilih bengkel motor yang aman dan berkualitas.

Cari Tahu Ulasan Tentang Bengkel

Biasanya pengendara motor akan mencari bengkel terdekat dari rumah untuk memperbaiki kendaraannya. Nah, sebelum berangkat ke bengkel tersebut, sebaiknya kamu mencari tahu ulasan tentang bengkel itu.

Caranya mudah, kamu bisa mencari nama bengkel yang ingin didatangi dengan mencarinya di Google. Jika bengkel tersebut punya reputasi yang baik, biasanya akan banyak ulasan dari konsumen lain dengan memberikan bintang 5.

Namun, jika reputasi dari bengkel tersebut hanya mencapai bintang 3 dan ditemukan banyak ulasan kurang memuaskan. Nah, sebaiknya kamu mencari bengkel lain ya detikers.

Mekanik Bengkel yang Jujur dan Berpengalaman

Pasti setiap pengendara ingin mendapatkan pelayanan yang baik saat memperbaiki kendaraannya di bengkel. Tapi sayang, masih ada saja oknum nakal yang melakukan kecurangan sehingga merugikan konsumen.

Penting untuk mengetahui apakah mekanik bengkel yang kamu datangi nanti punya kinerja yang baik serta memiliki sertifikat. Tentu, mekanik yang handal dapat mengidentifikasi kerusakan apa di motor kamu sehingga dapat diperbaiki dengan benar.

Bengkel spesialis kaki-kaki mobil, Sinar Mas AkhiongMemilih bengkel mobil atau motor yang terdekat susas-susah-gampang. Harus diteliti juga apakah bengkel memberikan layanan dan harga terbaik (Luthfi Anshori/detikOto)

Punya Suku Cadang yang Lengkap dan original

Sebelum pergi ke bengkel terdekat, pastikan dahulu jika bengkel itu memiliki unit suku cadang dan komponen yang lengkap. Biasanya, bengkel tersebut cukup besar serta memiliki mekanik yang banyak.

Selain itu, pastikan juga kamu mendapatkan suku cadang yang asli. Apabila suku cadang yang tersedia merupakan aftermarket, pastikan jika sang mekanik menawarkan terlebih dahulu, serta jangan lupa tanyakan soal harga suku cadang yang ingin dibeli.

Ada Garansi dari Pihak Bengkel

Satu hal penting yang wajib kamu ketahui sebelum servis motor adalah memastikan pihak bengkel memberikan garansi. Pastikan bengkel yang kamu datangi mau memberikan garansi atas hasil yang dikerjakan.

Biasanya, garansi yang diberikan berbeda-beda, mulai dari 3 bulan hingga 1 tahun tergantung dari komponen dan jenis kerusakannya. Sehingga jika ada kerusakan di masa mendatang, kamu bisa membawa motor ke bengkel tersebut dan diperbaiki secara gratis.

Bertanya Kepada Kenalan

Cara terakhir untuk mengetahui bengkel motor yang aman dan dekat dari rumah adalah dengan bertanya kepada kenalan. Kamu bisa bertanya kepada teman dekat, saudara, hingga rekan kerja yang dapat memberikan referensi soal bengkel motor yang bagus.

Cara ini dilakukan untuk menggali lebih dalam bengkel tersebut mulai dari sisi harga, pelayanan, hingga garansi yang diberikan. Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika bengkel tersebut melakukan kecurangan.

Demikian serangkaian cara yang bisa dilakukan saat detikers mencari dan memilih bengkel motor terdekat.



Simak Video "Viral Bengkel Motor AHASS Dituduh Curangi Pelanggan, Ini Kata AHM"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)