Suka Telat Servis Mobil? Awas Masalah Ini Bakal Menghantui

Dina Rayanti - detikOto
Selasa, 22 Mar 2022 19:47 WIB
Bengkel Auto2000
Ilustrasi servis berkala. Foto: Auto2000
Jakarta -

Servis mobil berkala kerap diabaikan para pengendara. Padahal, ini merupakan salah satu perawatan yang sebaiknya tak dilewatkan. Bila Anda sering melewatkan jangan heran, mobil akan mengalami sejumlah masalah.

Melansir Auto2000, kinerja mesin sudah tentu bakal terganggu karena servis saat lewat waktunya. Selain itu ada juga dampak lainnya seperti dijabarkan berikut.

1. BBM Boros

Ya dampak pertama yang tanpa disadari bisa berpengaruh karena telat servis mobil adalah konsumsi BBM lebih boros. Telat servis mobil berarti ada keterlambatan penggantian komponen seperti oli. Oli yang telat diganti membuat kinerja dalam melumasi komponen bergerak jadi menurun. Alhasil, tingkat gesekan di dalam mesin makin tinggi.

Kondisi ini menyebabkan mesin bekerja lebih berat. Jika dipaksakan terus menerus maka konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

2. Ada Masalah tak Terhindarkan

Kalau Anda telat melakukan servis, pengecekan komponen lainnya juga bakal menjadi sedikit terbengkalai. Kondisi mesin, kaki-kaki, dan kelistrikan juga jadi telat dilakukan pengecekan. Bila sudah begitu bukan tidak mungkin komponen yang seharusnya diganti jadi terlambat. Walhasil bisa timbul permasalahan setiap saat.

3. Biaya Perbaikan Lebih Mahal

Kalau Anda termasuk orang yang kerap menunda servis mobil, jangan heran ketika servis kembali harus merogoh kocek dalam-dalam. Hal itu bisa saja terjadi karena mesin yang tidak terawat memiliki tingkat keausan tinggi. Belum lagi sejumlah komponen fast moving yang harusnya segera diganti kinerjanya terus-terusan menurun dan berpotensi membuat masalah di tengah jalan.

Mengambil contoh oli mesin, jika telat dan tak pernah diganti maka volumenya akan menyusut dan kualitasnya menurun. Kalau sudah begitu, potensi mesin jebol pun tak terhindarkan.

Kemudian bila air radiator tak pernah dicek dan ditambah, ini akan berpengaruh ke sistem pendingin. Kemampuannya bisa menurun hingga membuat mesin jadi cepat overheat.



Simak Video "Mobil Pakai Power Steering Elektrik Mendadak Berat, Apa Sebabnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)