ADVERTISEMENT

Viral Pemotor Emak-emak Hampir Disambar Kereta, Ini Cara Aman Seberangi Rel

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 09 Des 2021 17:03 WIB
Detik-detik ibu-ibu pengendara motor lolos dari sambaran kereta api
Foto: Screenshot Instagram @dashcam_owners_indonesia. Detik-detik ibu-ibu pengendara motor lolos dari sambaran kereta api.
Jakarta -

Perlintasan kereta api merupakan titik rawan terjadinya kecelakaan. Tak jarang pengendara ceroboh tertabrak kereta api yang melintas dengan kecepatan tinggi. Biar nggak menjadi salah satu korbannya, berikut beberapa tips buat pengendara motor yang ingin melintasi rel kereta api.

Dikutip detikOto dari berbagai sumber, tips pertama yang harus dilakukan bikers saat ingin menyeberangi rel kereta api adalah jangan sekali-kali nekat menerobos palang pintu kereta api saat ada pemberitahuan kereta akan melintas. Kalaupun tidak ada pemberitahuan kereta akan melintas dan palang pintu tidak ditutup, tidak ada salahnya menengok ke arah kanan-kiri dahulu sebelum menyeberangi rel.

Selain itu, kurangilah kecepatan motor saat akan melewati perlintasan dan biasakan untuk selalu waspada terhadap kereta yang akan lewat. Jika kamu menemui kondisi macet di perlintasan kereta sebaiknya menunggu, agar kamu tidak terjebak di tengah rel kereta.

Hal yang tampak sepele tapi penting adalah jangan melewati rel kereta dalam kondisi ban miring agar ban tidak selip atau tergelincir. Dan pastikan juga motor memiliki tenaga yang cukup untuk melewati gundukan rel kereta api.

Oiya, bagi yang menggunakan motor dengan sistem transmisi manual, pastikan membuka kopling dan gas serta gigi yang digunakan sesuai agar mesin tidak tiba-tiba mati di tengah perlintasan rel kereta api.

Kemudian kamu jangan panik ketika motor mati di tengah rel, usahakan menyalakan kembali dengan starter. Jika mesin tidak menyala segera dorong dahulu untuk dinyalakan setelah melewati perlintasan.

[Gambas:Instagram]


Simak Video 'Viral Motor Mogok di Rel, Wanita Ini Nyaris Ditabrak Kereta':

[Gambas:Video 20detik]



(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT