MotoGP dan WSBK Lewat! Ini 4 Ajang Balap Motor Paling Mematikan di Dunia

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 26 Jul 2021 21:19 WIB
Frances biker Adrien Van Beveren lies on the sand after a crash during the Stage 3 of the Dakar 2020 around Neom, Saudi Arabia, on January  7, 2020. (Photo by FRANCK FIFE / AFP)
Insiden kecelakaan menimpa pebalap Perancis di stage 3 rally Dakar 2020 yang berlangsung di Saudi Arabia Foto: AFP/FRANCK FIFE
Jakarta -

Bisa dibilang, MotoGP dan World Superbike (WSBK) adalah ajang balap motor kelas dunia yang paling bergengsi. Namun, bagaimana dengan balap motor paling 'mematikan' di dunia?

Dilansir dari Visor Down, tercatat ada empat ajang balap motor kelas dunia yang paling mematikan.

[Gambas:Youtube]

1. Isle of Man TT - Snaefell Mountain Course

Salah satu ajang balap motor tertua di dunia, Isle of Man TT masuk dalam daftar balap motor paling mematikan, khususnya seri Snaefell Mountain Course.

Sejarah mencatat, di lintasan sejauh 59.5 km yang melewati jalan pegunungan dan pedesaan ini, ternyata sudah memakan lebih dari 260 orang korban jiwa sejak pertama kali balapan dilangsungkan di Snaefell ini.

2. Dakar Rally
Nama balapan ini sudah terkenal dengan kekejaman lintasannya, Dakar Rally. Tercatat sejak gelaran pertama kali pada 1979, sudah 76 korban jiwa tumbang di balapan ini.

Tidak hanya dari pembalapnya, Dakar Rally juga jadi arena yang ganas bagi para marshal, petugas balap hingga jurnalis yang meliputnya. Pada 1990, Kaj Salminen, jurnalis asal Finlandia meninggal akibat kecelakaan di Dakar Rally ini.

3. Imatra Grand Prix
Balapan yang digelar di trek jalanan ini salah satu yang paling berbahaya. Tidak hanya melewati jalanan yang berliku tajam ataupun lintasan chicanes yang menyulitkan, tapi balapan di Imatra ini juga melintasi rel kereta api.

Di trek yang berlokasi di perbatasan Russia ini, tercatat Imatra Grand Prix sudah digelar sejak 1960-an. Hingga kini, Imatra Grand Prix masih masuk dalam kalender balap International Road Racing Championship.

4. The Ice Run on Lake Baikal
Tidak hanya di lintasan aspal, balap motor juga digelar di atas trek es yang licin. Salah satu perlombaan yang paling sulit dan mematikan adalah balap motor di atas Danau Baikal, Russia yang membeku.

Balapan ini, tidak hanya membutuhkan motor yang kencang, namun kepiawan pebalap diuji ketika memilih jalur mana untuk dilalui. Sehingga balapan ini masuk ke dalam daftar balap motor paling mematikan di dunia.



Simak Video "Simak! Jadwal Deretan Balap Internasional Bakal Digelar di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)