Meregang Nyawa di Atas Dua Roda: 5 Pebalap Motor yang Meninggal Dunia karena Kecelakaan

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 31 Mei 2021 16:43 WIB
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - FEBRUARY 23:  Valentino Rossi of Italy and  and Ducati Marlboro Team speaks with Marco Simoncelli of Italy and San Carlo Honda Gresini before the second day of testing at Sepang Circuit on February 23, 2011 in Kuala Lumpur, Malaysia.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Marco Simoncelli bersama mentor sekaligus teman dekatnya, Valentino Rossi (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Dunia balap dan MotoGP kembali berduka setelah pebalap Moto3, Jason Dupasquier, meninggal dunia pada Minggu (30/05/2021) waktu setempat. Kematian rider asal Swiss itu menambah panjang daftar pebalap tewas dalam insiden kecelakaan di atas lintasan.

Jason, yang adalah pebalap tim CarXpert PruestelGP, mengalami kecelakaan di Sirkuit Mugello, Italia. Dia terjatuh antara tikungan 9 dan 10 pada sesi kualifikasi kedua Moto3. Sempat mendapat perawatan di rumah sakit, nyawa Jason tak tertolong.

Kejadian ini memberikan duka yang mendalam bagi dunia balap motor.

Sebelum Jason, dalam setidaknya dua dekade terakhir ada empat pebalap yang juga kehilangan nyawa saat menggeber motor di atas lintasan.

1. Daijiro Kato

Rider asal Jepang ini mengalami insiden mengerikan ketika dirinya menabrak dinding pembatas di Sirkuit Suzuka, Jepang, pada 2003. Saat itu dia sedang memacu motornya hingga kecepatan 200 km/jam, ketika masuk di tikungan dirinya kehilangan kendali dan menabrak dinding pembatas sangat kencang.

Motor Kato pun hancur berantakan, sementara yang mengenaskan lagi dirinya tergeletak tak berdaya di pinggir lintasan balap. Sejumlah petugas langsung mengibarkan yellow flag dan mengevakuasi Kato ke Rumah Sakit.

Selama dua minggu Kato mengalami koma dan mendapat perawatan intensif. Namun karena cedera yang parah di bagian kepala, leher dan dada akhirnya Kato menghembuskan nafas terakhir pada 20 April 2003.

2. Shoya Tomizawa

Selang beberapa musim setelah Daijiro Kato meninggal, dunia balap MotoGP kembali kehilangan ridernya yaitu Shoya Tomizawa. Dia mengalami insiden tragis di Sirkuit San Marino pada 5 September 2010 saat ajang balap Moto2.

Rider asal Jepang ini terjatuh di sebuah tikungan yang bernama Curvone pada lap ke-12. Kala itu Tomizawa berada di peringkat keempat, namun saat di tikungan dirinya melebar dan kehilangan pada grip ban belakang hingga jatuh.

Namun dua pebalap di belakangnya, Alex de Angelis dan Scott Redding tak bisa menghindar. Akhirnya tubuh Tomizawa tertabrak kedua motor tersebut hingga dia tak sadarkan diri di trek.

Tomizawa langsung dilarikan ke rumah sakit, namun pada pukul 14:20 waktu setempat nyawanya tidak tertolong dan meninggal dunia. Usai race, suasana duka menyelimuti podium hingga pemberian trofi tidak dilanjutkan dengan semprot sampanye.

3. Marco Simoncelli

Insiden kecelakaan lainnya kembali terjadi, kali ini menimpa pebalap Marco Simoncelli. Rider asal Italia ini mengalami insiden di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 23 Oktober 2011 lalu.

Kala itu Simoncelli kehilangan kendali di tikungan 11 saat race memasuki lap ke-2, dirinya terjatuh dan keluar dari lintasan. Nahas, tubuhnya berbenturan dengan pebalap yang berada di belakang yaitu Colin Edwards, sementara Valentino Rossi berhasil menghindari menghantam teman dan anak didiknya itu.

Kerasnya tabrakan membuat helm Simoncelli sampai terlepas, saat itu dirinya tak sadarkan diri dan tergeletak di lintasan. Balapan langsung dihentikan, sementara petugas medis bergerak cepat membawa Simoncelli ke klinik sirkuit untuk pertolongan pertama.

Team San Carlo Honda Gresini Italian rider Marco Simoncelli powers his bike during a MotoGP pre-season second test run on the Sepang circuit near Kuala Lumpur on February 24, 2011. The MotoGP season is scheduled to start in Qatar on March 20. AFP PHOTO / Saeed Khan / AFP PHOTO / SAEED KHANTeam San Carlo Honda Gresini Italian rider Marco Simoncelli powers his bike during a MotoGP pre-season second test run on the Sepang circuit near Kuala Lumpur on February 24, 2011. The MotoGP season is scheduled to start in Qatar on March 20. AFP PHOTO / Saeed Khan / AFP PHOTO / SAEED KHAN Foto: AFP PHOTO / SAEED KHAN

Namun nyawa pebalap dengan julukan Super Sic ini tak bisa tertolong lagi. Dia meninggal dunia akibat cedera parah di bagian dada, leher, dan kepala.

4. Luis Salom

Pebalap Luis Salom meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan pada sesi latihan bebas kedua di GP Catalunya, Spanyol, pada 3 Juni 2016 lalu. Rider yang terjun di kelas Moto2 ini kehilangan kendali saat menikung kencang di tikungan 12.

Dirinya terlempar dari motor, sementara motor yang ditungganginya menabrak dinding pembatas sirkuit. Namun sayang, tubuh Salom meluncur di area run off dan seketika menabrak motornya sendiri.

DOHA, QATAR - MARCH 20: Luis Salom of Spain and SAG Team celebrates with team under the podium at the end of the Moto2 race during the MotoGp of Qatar - Race at Losail Circuit on March 20, 2016 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Luis Salom Foto: Getty Images Sport/Mirco Lazzari gp

Setelah terjatuh, Salom langsung mendapatkan perawatan medis di lintasan. Kemudian helikopter datang untuk membawa rider berusia 24 tahun itu ke rumah sakit terdekat. Setelah menjalani operasi, nyawa Salom tak bisa diselamatkan dan dinyatakan meninggal dunia akibat cedera serius.

5. Jason Dupasquier

Pebalap terbaru yang meninggal dunia saat kecelakaan di lintasan adalah Jason Dupasquier. Rider asal Swiss ini mengalami insiden di GP Italia pada Sabtu (29/03/2021) waktu setempat.

Jason yang merupakan pebalap tim CarXpert PruestelGP mengalami kecelakaan di Sirkuit Mugello, Italia. Dia terjatuh antara tikungan 9 dan 10 pada sesi kualifikasi kedua Moto3. Sempat mendapat perawatan intensif di rumah sakit, namun sayang nyawa Jason tak tertolong.

Jason DupasquierJason Dupasquier Foto: Tangkapan Layar Instagram/@jasondupasquier50

Dengan berita kematian Jason tepat sebelum balapan dimulai, seluruh rider MotoGP melakukan minute of silence selama satu menit di grid. Hal ini dilakukan untuk mengenang meninggalnya pebalap berusia 21 tahun tersebut.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)