Spesifikasi Motor Nahas Jason Dupasquier yang Merenggut Nyawanya di Ajang Moto3

Tim detikcom - detikOto
Senin, 31 Mei 2021 09:35 WIB
PORTIMAO, PORTUGAL - APRIL 16: Jason Dupasquier of Swiss and Carxpert PrustelGP heads down a straight during the MotoGP of Portugal - Free Practice at Autodromo Internacional Do Algarve on April 16, 2021 in Portimao, Portugal. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp. Pebalap Moto3 Jason Dupasquier alami kecelakaan parah di sirkuit Mugello, Italia.
Jakarta -

Pebalap Moto3 dari tim CarXpert PruestelGP, Jason Dupasquier mengalami kecelakaan parah yang berujung kematian. Pebalap kelahiran Swiss 19 tahun lalu itu mengalami crash di sesi kualifikasi kedua Moto3 di sirkuit Mugello, Italia.

Menyoal motor balap yang digunakan Jason Dupasquier di ajang Moto3 2021, merupakan buatan pabrikan Austria, KTM. Dupasquier menggunakan mesin KTM RC250GP, yakni sebuah mesin empat tak satu silinder, 250cc, yang bisa menghasilkan power 55 dk pada 14.000 rpm.

Dikutip dari laman PruestelGP, mesin KTM tersebut dikombinasi dengan sasis prototipe buatan KTM. Secara keseluruhan motor ini memiliki bobot sekitar 152 kg dengan pengendara. Setiap pebalap hanya akan mendapatkan satu motor di setiap seri Moto3 2021. Sementara untuk satu musim penuh, tim CarXpert PruestelGP hanya diberi jatah menggunakan maksimal 6 buah mesin.

Diberitakan sebelumnya, Jason Dupasquier mengalami insiden saat sesi kualifikasi kedua MotoGP Italia 2021. Dupasquier terjatuh antara tikungan 9 dan 10 di sirkuit Mugello. Motor Dupasquier yang terjatuh di aspal kemudian ditabrak oleh pebalap Tech3, Ayumu Sasaki. Sesaat setelahnya langsung dikibarkan red flag.

Motor yang digunakan pebalap Moto3 dari tim CarXpert PruestelGP, Jason DupasquierMotor yang digunakan pebalap Moto3 dari tim CarXpert PruestelGP, Jason Dupasquier Foto: PruestelGP

Tim medis langsung bergegas ke lokasi kejadian dan memindahkan Jason ke dalam helikopter untuk dilarikan ke Rumah Sakit Careggi di Florence. Beberapa jam setelah mendapat perawatan intensif, kondisi Jason sempat stabil. Namun akhirnya nyawanya tidak bisa diselamatkan, Jason Dupasquier meninggal dunia di Italia pada Minggu (30/05/2021) waktu setempat.

Sehubungan terjadinya insiden parah hingga merenggut nyawa pebalap Moto3 itu, MotoGP melakukan minute of silence sebelum balapan dimulai. Hal ini untuk menghormati berpulangnya pembalap kelahiran tahun 2001 ini.

Ungkapan belasungkawa pun mengalir dari sejumlah pebalap MotoGP, salah satunya dari Valentino Rossi.

"Saya menyampaikan belasungkawa kepada keluarga, teman dan tim (CarXpert PruestelGP). Kami sudah tahu bahwa situasinya kritis, sayangnya dia ditabrak di bagian kepala oleh Sasaki. Mengetahui bahwa seorang pebalap meninggal (di sirkuit) itu adalah hal yang sangat sulit," ungkap Rossi, dikutip dari Tuttomotoriweb.



Simak Video "Ngeri! Kecelakaan Fatal di Moto3 Amerika, Motor Sampai Terbang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)