Lady Bikers Merapat Yuk, Begini Caranya Pakai Standar Tengah Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 14 Okt 2021 16:45 WIB
Lady bikers harus tahu cara standar tengah motor yang benar
Foto: Dok. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Lady bikers harus tahu cara standar tengah motor yang benar.
Jakarta -

Memarkir motor menggunakan center stand alias standar tengah memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah motor tidak akan memakan ruang parkir motor yang besar seperti ketika menggunakan standar samping. Selain itu, standar tengah juga dibutuhkan pada saat kondisi darurat, seperti saat harus menyalakan motor matik menggunakan kick starter.

Nah, masalahnya tidak semua pengendara motor bisa menggunakan center stand. Bagi bikers yang bisa, cara ini terdengar sederhana, namun ini menjadi tantangan bagi kaum wanita karena dianggap membutuhkan tenaga yang kuat, padahal hanya perlu mengandalkan berat badan saat melakukannya.

Dijelaskan Yamaha Riding Academy (YRA) dalam keterangan resminya (14/10) berikut beberapa tips untuk menggunakan standar tengah sepeda motor:

1. Posisikan motor pada bidang datar agar motor lebih seimbang dan ringan saat menggunakan standar tengah.

2. Posisikan tubuh berdiri pada samping kiri motor.

3. Posisikan tangan kiri memegang handle kiri dengan jari siap pada tuas rem, sedangkan posisi tangan kanan siap pada behel jok belakang.

4. Lepaskan standar samping, pastikan motor berdiri tegak, dan luruskan roda depan.

5. Injak tuas standar tengah dengan kaki kanan, karena memiliki kekuatan yang lebih baik saat menginjak tuas standar tengah.

6. Rasakan kedua tuas standar tengah menapak pada bidang datar.

7. Angkat kaki kiri perlahan saat kaki kanan menginjak tuas standar tengah. Gunakan bantuan berat badan saat menginjak tuas standar tengah.

8. Tangan kiri menarik handle kiri ke arah belakang dan tangan kanan membantu mendorong dengan gerakan ke arah belakang.

9. Setelah berhasil, posisikan sepeda motor sesuai dengan arah yang benar. Tetap utamakan keamanan dengan posisikan handle ke kiri, lalu kunci sepeda motor.

"Teknik kemudahan penggunaan standar tengah ini dapat diaplikasikan pada semua jenis motor. Keuntungan menggunakan standar tengah pada sepeda motor memiliki beberapa manfaat, seperti efisiensi tempat saat parkir, motor lebih stabil sehingga tidak mudah jatuh ketika tersenggol, membantu ban bergerak bebas saat penggantian ban atau mengisi angin. Maka dari itu, pengguna sepeda motor wajib mengetahui cara menggunakan standar tengah dengan tepat".

(lua/din)