Rider All New Nmax Merapat, Begini Caranya Merawat Fitur Kontrol Traksi

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 12 Okt 2021 19:50 WIB
Dua pebalap Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales berkesempatan menjajal line up terbaru motor Yamaha Indonesia. Rossi menjajal All New Nmax.
Foto: Agung Pambudhy. All New Yamaha Nmax 155 sudah dibekali fitur kontrol traksi.
Jakarta -

All New Yamaha Nmax 155 Connected ABS dibekali fitur kontrol traksi. Fitur yang juga disebut TCS (Traction Control System) ini berfungsi mencegah ban belakang kehilangan traksi (selip) saat motor berakselerasi di permukaan jalan yang licin. Apakah komponen di fitur ini perlu dirawat?

Dijelaskan Yamaha Indonesia dalam keterangan resminya, pemilik All New Nmax 155 perlu merawat dan mengecek fungsi TCS secara rutin. Pastikan fitur tersebut dapat bekerja secara optimal dan selalu siap untuk digunakan.

"Mengingat TCS memanfaatkan perangkat speed sensor yang terletak di bagian roda depan dan belakang (dekat dengan kaliper rem), maka pemilik motor harus rajin membersihkan area kaki-kaki motor dari debu dan kotoran yang menempel. Selain itu, berkendara secara hati-hati dan hindari benturan yang dapat merusak perangkat speed sensor," tulis Yamaha.

Sementara itu untuk mengetahui apakah TCS berfungsi dengan baik, ada beberapa indikasi yang bisa menjadi panduan. Pertama cek lampu indikator. Jika lampu indikator TCS di layar speedometer terus menyala, maka ada kemungkinan perangkat TCS pada motor mengalami malfungsi.

Indikasi pengecekan yang kedua dengan cara mengaktifkan fitur TCS, lalu posisikan motor dengan standard tengah (main stand) lalu mainkan putaran gas. Jika TCS berfungsi normal, saat pemilik motor memainkan putaran gas maka putaran roda belakang akan tersendat. Tapi jika TCS mengalami malfungsi, maka putaran roda belakang tidak akan tersendat saat gas dimainkan.

Jika fitur TCS pada motor mengalami malfungsi dengan beberapa indikasi seperti yang dijabarkan di atas, maka sebaiknya pemilik motor segara membawa motornya ke bengkel resmi terdekat untuk mendapat pengecekan lebih lanjut.

(lua/din)