Bedah Panel Instrumen Yamaha R15 V4, Isinya Banyak Banget

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 22 Sep 2021 17:47 WIB
Panel instrumen Yamaha R15 V4
Foto: Dok. Yamaha India. Panel instrumen Yamaha R15 V4.
Jakarta -

Yamaha R15 V4 dan R15M meluncur di India, dengan banyak pembaruan, salah satunya ada di bagian panel instrumen yang kini tampil lebih modern serta makin informatif. Indikator apa saja yang ada di panel instrumen motor sport fairing tersebut?

Bicara soal desain, panel instrumen Yamaha R15 terbaru ini sangat identik dengan desain panel instrumen Yamaha R1. Cirinya bentuknya seperti trapesium segi enam, dengan layar digital berbentuk kotak di tengahnya.

Tak hanya desainnya yang modern, panel instrumen Yamaha R15 V4 dan R15M ini juga menampilkan banyak informasi. Dari area kanan terdapat indikator gear netral, ABS, jam, status bahan bakar, termasuk kondisi baterai ponsel pengendara.

Geser ke tengah, ada Gear Shift Timing Indicator, VVA, Quick Shifter (QS), speedometer, tachometer, odometer, dan tripmeter. Sementara di bagian kirinya terdapat indikator Traction Control on/off, indikator gear 1-6, lap, street, dan track.

Sebagai informasi, track mode digunakan untuk di sirkuit. Fitur ini tidak meningkatkan performa, melainkan hanya akan menampilkan fastest lap time dan latest lap time untuk menghitung catatan waktu saat memutari sirkuit. Sementara pada mode street mode, akan menampilkan average mileage, average speed, coolant temperature, dan battery power.

Hal menarik lainnya yang ada di panel instrumen R15 terbaru adalah indikator notifikasi email dan SMS, termasuk pemberitahuan telepon masuk. Fitur ini dijalankan melalui aplikasi Y-Connect seperti yang ada di jajaran skutik MAXI Yamaha.

Sekadar informasi, fitur Y-Connect ini menyajikan rekomendasi perawatan, lokasi parkir terakhir, konsumsi bahan bakar, notifikasi kerusakan, dan dasbor revs.

(lua/din)