CBR150R Bisa Ketar-ketir, Yamaha R15 V4 Bawa Banyak Fitur 'Killer'

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 21 Sep 2021 18:23 WIB
Yamaha R15 V4 yang diperkenalkan di India
Foto: Screenshot YouTube. Yamaha R15 V4 yang diperkenalkan di India.
Jakarta -

Yamaha R15 V4 atau generasi keempat dijadwalkan meluncur di India hari ini (21/9/2021). Namun sebelum motor sport fairing itu benar-benar dikenalkan secara resmi, video iklan TVC (Television Commercial) sudah beredar luas di kanal YouTube. Video tersebut memperlihatkan detail fitur dari Yamaha R15 V4, yang sangat banyak dan bisa dikatakan telah menciptakan standar baru di segmen motor sport fairing 150 cc. Apa saja fitur-fitur itu?

Pertama, Yamaha R15 V4 dibekali panel kluster seperti yang dimiliki R1. Fitur ini menampilkan sejumlah indikator, seperti gear, street, track, quick shifter, status battery (aki), status bahan bakar, speedometer, tachometer, odometer, tripmeter, termasuk SMS alert dan calling alert. Panel kluster tersebut juga sudah terhubung dengan fitur Yamaha Motorcycle Connect, seperti yang sudah ada di jajaran MAXI Yamaha (Nmax dan Aerox).

Yamaha R15 V4 yang diperkenalkan di IndiaYamaha R15 V4 yang diperkenalkan di India Foto: Screenshot YouTube

Untuk rangkanya, motor ini masih setia dengan bentuk rangka deltabox, kemudian juga masih dilengkapi fitur rem ABS (Anti-lock Braking System) dual channel, serta ban belakang super besar dengan profil 140 mm super wide radial tyre. Yang keren lagi, sudah ada fitur side stand engine cut-off switch seperti yang ada di model Yamaha R25 terkini.

Lanjut untuk fascia depannya, mengadopsi desain Yamaha R7 yang sporty. Lampu utamanya kini pakai model LED projector dan diletakkan di tengah. Lalu di kedua sisinya terdapat lampu DRL, yang makin menguatkan kesan R series. Sayang, lampu seinnya kok masih pakai model bohlam ya? Selain itu, desain bodi tengah ke belakang juga masih identik dengan model sebelumnya. Hanya saja pada varian R15M, swingarm-nya menggunakan warna metalik.

Yamaha R15 V4 yang diperkenalkan di IndiaYamaha R15 V4 yang diperkenalkan di India Foto: Screenshot YouTube

Yamaha mengklaim jika model R15 V4 ini didesain lebih aerodinamis. Sementara bagian mesinnya, mengusung spesifikasi 155 cc LC4V SOHC, FI engine, dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation), serta didukung Assist & Slipper Clutch. Fitur lain yang masih tersedia di motor ini adalah suspensi depan jenis Upside Down (USD) dan swingarm banana.

Yang tidak kalah keren, Yamaha R15 V4 ini juga sudah dilengkapi fitur traction control yang bisa mencegah roda belakang selip saat dilakukan akselerasi. Selain itu, khusus varian R15M dengan warna racing blue, telah dilengkapi fitur quick shifter sebagai standar.

[Gambas:Youtube]



(lua/din)