Agar Berkendara Makin Nyaman, Ini Tips Merawat Jok Motor yang Benar

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 13 Jun 2021 17:06 WIB
Ilustrasi jok motor yang dimodifikasi
Ilustrasi jok sepeda motor. Foto: Dok. AHM
Jakarta -

Sebagai pemilik sepeda motor, tentunya kamu perlu merawat dan membersihkan tunggangan kesayangan secara rutin. Salah satu hal yang wajib adalah membersihkan jok motor.

Jok motor memang tidak akan mempengaruhi mesin motor saat kamu berkendara. Namun kondisi jok motor yang bersih dan terawat pasti membuat kamu semakin nyaman di jalan.

Untuk itu, ada sejumlah tips mudah untuk kamu dalam merawat jok sepeda motor. Dikutip dari laman Astra Motor, ini beberapa cara merawat jok motor agar tetap awet.

1. Jangan Membiarkan Jok Motor Kepanasan

Bagi kamu yang masih sering memarkirkan motor di sembarang tempat, mulai sekarang harus mencari parkir di tempat yang benar ya. Apalagi motor kesayangan kamu langsung terpapar sinar matahari yang panas.

Ternyata hal ini dapat berakibat buruk pada jok sepeda motor yang semakin cepat rusak dan kusam. Jika memang harus terpaksa parkir di tempat yang panas, kamu bisa mengakalinya dengan menutupi motor menggunakan cover yang dijual di pasaran.

2. Mengatur Muatan Jok Motor

Membawa muatan yang terlalu berat di atas sepeda motor ternyata membuat jok motor jadi cepat rusak. Tekanan antara barang dan jok secara langsung akan membuat jok jadi cepat tipis dan tidak nyaman saat diduduki.

Apabila terpaksa perlu mengangkut barang bawaan yang berat, usahakan jok dilapisi dengan kardus yang tebal. Hal ini dilakukan agar menghindari jok motor tertekan oleh beban yang besar.

3. Membersihkan Noda Membandel di Jok Motor

Sama seperti bagian komponen motor lainnya, jok motor juga rawan terkena kotoran dan noda yang sulit hilang. Namun jangan khawatir, ada sejumlah cara mudah dalam menghilangkan noda yang membandel tersebut.

Kamu cukup sediakan kain bersih yang lembut dan kering, serta siapkan minyak tanah. Cara membersihkannya dengan menuangkan sedikit saja minyak tanah pada kain kering, lalu gosok perlahan pada noda sampai hilang. Setelah itu kamu bisa mencuci motor dengan sabun untuk menghilangkan bau minyak tanah.

4. Mencuci Jok Motor Secara Rutin

Jangan lupa untuk membersihkan jok motor secara rutin agar tetap awet dan nyaman digunakan. Cara mencuci jok motor juga mudah, kamu bisa menggunakan cairan pembersih motor agar jok makin mengkilap.

Selain itu, jangan lupa mengelap jok motor ketika terkena air hujan. Jika dibiarkan, hal ini akan menimbulkan jamur di atas jok motor dan terkadang sulit dibersihkan.

Usahakan juga untuk tidak membersihkan jok dengan semir ban, hal ini akan menyebabkan bahan jok motor jadi cepat rusak dan kusam. Gunakanlah semir khusus untuk jok motor agar tidak merusak tekstur jok.

(lua/lua)