Mau Touring Jauh Naik Motor, Perhatikan 5 Hal Ini

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 12 Jun 2021 18:51 WIB
Yamaha Nmax Model 2018 Touring ke Puncak
Yamaha Touring Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Bagi penggila touring pasti sudah tidak sabar untuk berpergian jauh dengan motor kesayangan, terlebih sudah 1 tahun lebih masa pandemi tak kunjung selesai. Nah bagi detikers yang sudah tidak sabar touring, detikOto ingatkan untuk bersabar dan jangan nekat untuk melakukan perjalanan jauh, karena memang pandemi COVID-19 belum berakhir.

Akan tetapi bagi detikers yang sudah tak sabar ingin touring, detikOto ingatkan untuk benar-benar menerapkan prokes ketat ya. Selain itu jangan lupa untuk mempersiapkan kendaraan dan fisik dengan baik.

Nah kali ini Yamaha Indonesia juga menyarankan untuk melakukan berbagai persiapan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan panjang, diantaranya:

1. Cek Kondisi Kendaraan

Perjalanan jarak jauh tentu memerlukan kondisi motor yang prima, oleh karena itu sebelum melakukan touring pastikan Anda sudah melakukan pengecekan terhadap seluruh komponen motor seperti ban, oli, aki dan lainnya dimana semuanya dapat berfungsi dengan normal dan dalam kondisi baik.

Agar mempermudah, tidak ada salahnya membawa motor ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan pengecekan dan perawatan berkala. Khusus konsumen Yamaha, bahkan dapat memanfaatkan fitur layanan pada aplikasi My Yamaha Motor untuk melihat lokasi bengkel resmi terdekat dan juga informasi Service Kunjung Yamaha (SKY).

2. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memastikan kondisi badan dalam keadaan sehat. Menjelang hari keberangkatan touring siapkan fisik Anda sebaik mungkin. Tidur cukup dan jaga asupan makanan serta minuman untuk meningkatkan konsentrasi ketika berkendara. Dan jangan coba memaksakan diri ketika merasa lelah diperjalanan, berhenti sejenak untuk istirahat guna memulihkan kembali tenaga dan konsentrasi.



3. Kenali Rute Perjalanan

Memahami kondisi dan karakter jalan yang akan dilewati merupakan salah satu cara untuk meminimalisir resiko kecelakaan di jalan. Karena dengan mengetahui rute yang akan dilewati kita dapat menghindari atau berkendara dengan penuh kehati-hatian saat melintas di daerah yang rawan kecelakaan.

Seperti jalan berlubang, tikungan tajam, tanjakan dan turunan curam hingga wilayah yang minim penerangan dan rambu lalu lintas. Dan jika memang minim informasi terkait jalur touring, manfaatkan teknologi GPS atau digital maps untuk mendapat sedikit gambaran rute.

4. Patuhi Rambu Lalu Lintas & Marka Jalan

Salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan di jalan adalah karena minimnya kesadaran pengendara untuk mau mematuhi rambu lalu lintas dan marka jalan. Padahal, dengan mau mengikuti rambu dan marka yang ada kita dapat berkendara secara lebih teratur dan terkontrol serta menghormati sesama pengguna jalan.

5. Gunakan Riding Gear yang Layak

Riding gear yang layak dan terstandarisasi menjadi barang wajib yang harus dikenakan secara lengkap ketika sedang berkendara, khususnya saat touring jarak jauh. Karena dengan mengenakan riding gear yang lengkap dan benar dapat mencegah atau setidaknya meminimalisir dampak luka yang diderita tubuh ketika mengalami kecelakaan di jalan.



Simak Video "Berubah Total! Intip Modifikasi Yamaha Xmax 250 Jadi Cafe Racer"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)