7 Perawatan Motor Sederhana yang Bisa Dilakukan Sebelum Riding

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 31 Mei 2021 15:20 WIB
rantai motor
Perawatan motor yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Foto: detikOto
Jakarta -

Perawatan motor harus dilakukan secara berkala agar motor selalu siap sedia saat ingin digunakan. Perawatan motor tidak hanya bisa dilakukan di bengkel-bengkel kendaraan saja lho, detikers. Ada juga beberapa perawatan ringan motor yang bisa dilakukan, bahkan sebelum kita gunakan untuk riding.

Seperti dijelaskan Yamaha dalam keterangan resminya, ada 7 tips perawatan motor sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Apa saja perawatan yang bisa dilakukan:

1. Memastikan aki dalam kondisi baik dengan cara cek fungsi sistem kelistrikan, cek starter, klakson, dan lampu-lampu.

2. Mengecek level ketinggian oli mesin apakah masih dalam batas normal dengan cara membuka tutup oli dan cek level ketinggian pada stick oli. Biasakan untuk mengganti oli mesin setiap 3.000 km.

3. Mengecek kebocoran oli dengan melihat apakah ada tetesan oli atau rembesan oli di sekitar bagian mesin, serta cek suspensi depan dan belakang jika ada rembesan oli.

4. Memeriksa sistem pengereman untuk menjaga performa rem tetap optimal dengan 2 cara: Memeriksa ketinggian level minyak rem melalui indikator pada master rem, serta memeriksa ketebalan kampas rem depan dan belakang melalui indikator keausan kampas rem.

5. Mengecek kondisi tekanan ban dan alur ban agar berkendara lebih nyaman performa tetap maksimal. Tekanan ban normal ban depan yakni 255 kPa/33 psi dan ban belakang 250 kPa/36 psi.

6. Menjaga kebersihan motor dengan mencuci motor, untuk mencegah karat pada bodi motor dan bagian lainnya.

7. Menghidupkan motor yang tidak terpakai agar mesin terlumasi dan kondisi aki terjaga.

(lua/din)