Motor Matik Gredek? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 28 Mei 2021 07:26 WIB
Honda Vario 125 yang diadu dengan Yamaha Lexi
Penyebab motor matik gredek dan cara mengatasinya (Rangga Rahadiansyah/detikOto)
Jakarta -

Motor matik semakin digemarin karena penggunaan yang lebih mudah dan juga lebih praktis dibanding motor manual. Namun di balik keunggulan tersebut, ada salah satu masalah klasik motor matic yang kerap muncul jika pengguna jarang merawat motornya, yaitu gredek.

Masalah ini bisa muncul pada saat akselerasi awal atau ketika pengendara membuka gas secara kuat. Pada bagian CVT, akan muncul suara gredek dan akselerasi jadi tidak responsif.

Dilansir dari laman resmi Astra Motor, penyebab utama dari gredek ini paling sering terjadi karena sudah menempel cukup banyak kotoran pada bagian CVT tersebut.

"Beberapa mekanik berpendapat kalau masalah motor matik gredek ini muncul dari rumah kampas ganda yang sudah penuh dengan kotoran," tulis Astra Motor.

Astra Motor menjelaskan, bahwa tidak perlu khawatir akan 'penyakit' gredek ini. Menurut mereka, pemilik kendaraan cukup mengganti dua part di bagian CVT agar motor bisa lebih responsif dan masalah gredek ini dapat teratasi.

"Melakukan modifikasi atau mengganti bagian kampas ganda dan rumah atau mangkuk yang digunakan sebagai tempat kampas ganda," tulis Astra Motor.

Menurut mereka, dengan mengganti kedua part pada CVT ini, akan membuat performa motor lebih responsif pada akselerasi awal dan semakin nyaman untuk dikendarai.

Selain itu, disarankan juga untuk sedikit melakukan modifikasi kepada kampas ganda yang akan dipasangkan ke bagian CVT-nya.

"Untuk rumah atau mangkuk kampas gandanya dapat dilubangi, hal itu bertujuan agar kotoran yang berasal dari kampas ganda ini ikut terbuang ketika rumah atau mengkuknya berputar," papar Astra Motor.

Menurut mereka, dengan melakukan modifikasi atau melubangi bagian rumah atau mangkuk kampas ganda, timbulnya gredek pada kendaraan tidak akan cepat terulang karena sebagian besar debu atau kotoran ikut terbuang ketika motor digunakan.



Simak Video "Jelajah dengan Motor Matik, Grobogan"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)