Motor Bekas Rp 5 Jutaan Disulap Jadi Bemper VW Kodok

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 24 Mei 2021 09:48 WIB
Motor Rp 5 Jutaan Dimodif Jadi Bumper VW Kodok
Modifikasi motor unik ala bumper VW Kodok. Foto: Dok. Rainbow Moto Builder
Jakarta -

Punya motor matic atau motor apa pun yang sudah tidak lagi terpakai dan bosan dengan modelnya? Mungkin motor tersebut bisa dibawa ke salah satu rumah modifikasi Rainbow Moto Builder.

Bisa dibilang mereka merupakan spesialis untuk menyulap motor bekas yang harganya terjangkau dan jarang jadi pilihan buat dimodifikasi. "Kita memang sering membangun motor custom dari bahan motor-motor yang murah. Misalnya dari Yamaha Fino yang masih pakai karburator, Honda Spacy atau apa pun," ujar Adega Anggayasta, pemilik Rainbow Moto Builder kepada detikOto (20/05/2021)

Salah satu motor garapan mereka yang digarap serius adalah Yamaha Fino 'nganggur' yang disulap menjadi bemper VW Kodok. "Inspirasi awalnya datang dari Brent Walter. Dia memasangkan mesin potong rumput ke bemper VW Kodok asli dan dibuat seperti motor," buka pria berkacamata yang akrab disapa Dega ini.

Motor ini merupakan pesanan dari seorang pelanggan Rainbow Moto Builder yang tinggal di Jakarta yang memang sudah lebih dulu memiliki Yamaha Fino karburator ini.

"Pemilik dari Yamaha Fino ini memang mau kita buat motor ini dari motor miliknya pribadi yang udah lama tidak terpakai. Tapi selain (Yamaha Fino) ini banyak kok motor yang bisa jadi bahan. Saya sih pasti merekomendasikan motor matik yang mesinnya tidak terlalu besar, bisa dari Honda atau Yamaha supaya gampang untuk maintenance dan banyak part-nya," ujar Dega.

Dari Yamaha Fino yang berbentuk seperti skutik pada umumnya, setiap bagian dari motornya ditanggalkan. Tersisa hanya mesin, engine mounting, tromol dan komstir yang akhirnya dipasangkan ke rangka serta bodi baru bikinan tangan terampil Rainbow Moto Builder ini.

Motor Rp 5 Jutaan Dimodif Jadi Bumper VW KodokMotor Rp 5 Jutaan Dimodif Jadi Bumper VW Kodok Foto: Dok. Rainbow Moto Builder

"Kita tidak pakai bemper asli VW kodok, tapi kita bikin sendiri pakai pelat galvanis. Ukurannya sama persis dan bentuknya pun sama. Sengaja kami buat pakai pelat galvanis, supaya bobotnya nggak terlalu berat," lanjut Dega.

Motor ini terlihat sederhana, namun tentunya perlu ada perhitungan yang matang ketika membuat motor berukuran kecil ini. "Bagian paling sulit sih pastinya untuk membuat motor ini tetap bisa berjalan normal dengan mesin 125cc, tetap compact, dan pastinya tidak susah dikendarai," ujar Dega.

Kalau kita tilik motornya, dari bagian depan Dega memasangkan lampu utama kepunyaan Honda Tiger ke motor ini. Lalu untuk urusan pelek, motor ini menggunakan pelek ukuran belang yang merupakan kepunyaan Vespa. Pelek depannya berukuran 8 inci, sedangkan belakangnya pakai ukuran 10 inci.

Motor Rp 5 Jutaan Dimodif Jadi Bumper VW KodokMotor Rp 5 Jutaan Dimodif Jadi Bumper VW Kodok Foto: Dok. Rainbow Moto Builder

Untuk urusan posisi duduk, pastinya terasa janggal di motor ini. "Posisi duduk sih agak tidak biasa. Karena wheelbase dari motor ini memang pendek dan tidak seperti skutik pada umumnya. Jadi untuk belok pun perlu ada adaptasi sedikit. Tapi motor ini fun to ride dan unik pastinya," tutup Dega.

Rumah modifikasi Rainbow Moto Builder tentunya memiliki paket untuk membangun motor bergaya ala volkspod garapan Brent Walter ini. Mereka membanderol mulai dari Rp 20 jutaan untuk paket dengan motor. Namun jika pelanggan membawa motor sendiri untuk dimodifikasi seperti ini, biaya yang dikenakan oleh mereka mulai dari Rp 15 jutaan.

Rainbow Moto Builder sendiri merupakan rumah modifikasi yang memiliki workshop di Jalan Subang Jaya, Sukabumi. Untuk pelanggan dari Jakarta mereka memiliki showroom di Jalan Rawasari Selatan No.11, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.



Simak Video "Ramainya Acara Modifikasi Motor, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)