Cocok Buat Sunmori, Berapa Biaya Modifikasi Yamaha Vixion Jadi Motor MotoGP?

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 10 Mei 2021 20:35 WIB
Modifikasi Yamaha Vixion jadi Yamaha R1 M dengan livery motor MotoGP
Modifikasi Yamaha Vixion jadi motor MotoGP. Foto: Creative custom/Jorgie Candrono
Jakarta -

Motor MotoGP bisa menjadi alternatif bagi para bikers yang ingin memodifikasi motornya dengan tampilan yang lebih sporty. Misalnya untuk pemilik Yamaha Vixion, bisa mendandani motornya dengan konsep ala motor balap tim Petronas Yamaha SRT yang berlaga di ajang MotoGP.

Bengkel modifikasi Creative Custom asal Banjarnegara, Jawa Tengah, menjadi salah satu bengkel yang kerap menerima order modifikasi motor naked bike menjadi moge (motor gede) atau bahkan motor prototipe MotoGP sekalipun.

"Kalau pemilik Yamaha Vixion ingin memodifikasi motornya menjadi seperti motor MotoGP, itu biayanya sekitar Rp 31 juta. Motor pun harus nginep sampai dengan satu bulan setengah lah," kata owner Creative Custom, Jorgie Candrono, melalui sambungan telepon kepada detikOto, Senin (10/5/2021).

Modifikasi Yamaha Vixion jadi Yamaha R1 M dengan livery motor MotoGPModifikasi Yamaha Vixion jadi Yamaha R1 M dengan livery motor MotoGP Foto: Creative custom/Jorgie Candrono

Menurut Jorgie, lama pengerjaan juga bergantung dari ketersediaan dana konsumen. Jika ongkos Rp 31 juta langsung dibayar di muka, maka pengerjaan modifikasi bisa memakan waktu satu bulanan. Tapi jika konsumen membayar dengan cara menyicil, maka proses pengerjaannya bisa lebih lama.

Dan yang perlu diketahui, modifikasi ini lebih ke tampilan saja ya, bukan termasuk performa mesinnya. Jadi meski tampilan motor lebih sporty dan terkesan kencang, performa mesinnya tetap sesuai standar pabrikan. Sehingga motor yang dimodifikasi menjadi motor MotoGP look ini tidak cocok untuk kebut-kebutan di sirkuit, tapi lebih cocok untuk riding santai seperti kegiatan Sunmori (Sunday Morning Ride)

Sebelumnya, Jorgie juga sudah memodifikasi Yamaha Vixion lansiran 2009 menjadi moge Yamaha R1 M dengan nuansa dan cita rasa ala motor MotoGP tim Petronas Yamaha SRT.

Modifikasi Yamaha Vixion jadi Yamaha R1 M dengan livery motor MotoGPModifikasi Yamaha Vixion jadi Yamaha R1 M dengan livery motor MotoGP Foto: Creative custom/Jorgie Candrono

Motor ini mengubah hampir seluruh bagian motor. Mulai dari penyesuaian di bagian subframe, bodi-bodi, sistem pengereman, dan sistem pencahayaan. Yang tidak diubah hanya bagian tangki dan bagian mesin.

Sementara untuk finishingnya, Jorgie menggunakan kombinasi warna hitam dan hijau tosca seperti motor Yamaha M1 tim Petronas Yamaha SRT yang berlaga di MotoGP. Tak hanya itu, merek-merek sponsor juga disematkan di motor ini, termasuk angka 46 yang merupakan nomor motor sang legenda, Valentino Rossi.

Jorgie hendak menjual Yamaha Vixion yang sudah dimodifikasi menjadi ala motor MotoGP tersebut dengan banderol Rp 38 juta. "Kasih banderol motor ini mau dijual Rp 38 juta nego bensin lah. Surat-surat lengkap, pajak mati 2 tahun. Motor masih mulus, gaspol masih aman," tukasnya.



Simak Video "Sangar! Yamaha Scorpio ini Disulap Jadi Chopper yang 'Spesial'"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)