Segitiga Motor Bengkok, 4 Hal Ini Jadi Penyebabnya

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 26 Mei 2021 13:42 WIB
Banjir yang rendam Bekasi di awal tahun 2020 membawa berkah bagi usaha bengkel motor. Warga ramai-ramai membawa motornya untuk diperbaiki usai terendam banjir.
Ilustrasi servis motor (Rengga Sancaya/detikOto)
Jakarta -

Pernahkah Anda mengalami setang sepeda motor terasa bengkok dan tidak presisi? Jika iya, berarti ada salah satu komponen yang bermasalah dan terletak pada segitiga motor.

Segitiga motor merupakan komponen penting yang berfungsi untuk menyangga suspensi dan berperan penting dalam mengendalikan motor. Apabila Anda mengalami insiden kecelakaan dan saat mengendarai lagi setang motor tidak lurus, berarti tandanya harus segera diperbaiki.

Dikutip dari laman Suzuki, ada sejumlah penyebab segitiga motor rusak dan bengkok. Faktor utamanya bisa disebabkan oleh kecelakaan, namun bukan berarti tidak ada pemicu lainnya yang membuat setang motor menjadi bengkok.

1. Motor Menghantam Lubang dengan Keras

Tak hanya disebabkan oleh kecelakaan, jika Anda masih sering melewati jalan berlubang dalam kecepatan tinggi hal ini jadi faktor penyebab segitiga motor cepat mengalami kerusakan. Kebiasaan buruk ini masih sering dijumpai oleh sejumlah pengendara di jalan raya.

Apabila dilakukan secara tidak sengaja karena tak sempat menghindari lubang hal ini masih wajar, namun jika kebiasaan membawa motor dengan menghantam sejumlah lubang jalan tentu sangat berbahaya. Bukan hanya merusak komponen segitiga motor saja, mengendarai motor dengan kecepatan tinggi saat menghantam lubang dapat menyebabkan hilang keseimbangan dan berisiko terjadi kecelakaan.

2. Ada Komponen pada Motor yang Bermasalah

Selain berperilaku buruk saat berkendara, sejumlah komponen lain yang rusak juga bisa mempengaruhi kondisi segitiga sepeda motor. Seperti shockbreaker ataupun setang yang perlu diganti karena usia pemakaian.

Ada baiknya untuk rutin melakukan perawatan pada motor ke bengkel resmi. Hal ini bertujuan agar seluruh komponen pada motor terjamin aman tanpa ada kerusakan yang dapat mempengaruhi peranti lain.

3. Faktor Usia Kendaraan

Usia kendaraan juga menjadi faktor penyebab segitiga motor mengalami bengkok, karena bukan tak mungkin peranti yang satu ini sudah terlalu usang hingga sering dipakai tanpa adanya perawatan khusus.

Cek kembali sejumlah komponen pada motor yang harus diganti karena termakan usia. Jangan sampai malas karena terasa masih nyaman dipakai, padahal suatu saat bisa rusak dan membahayakan nyawa Anda.

4. Perawatan yang Kurang Optimal

Ketika sejumlah komponen termasuk segitiga motor telah diperbaiki atau diganti dengan yang baru, jangan malas untuk rajin merawatnya ya.

Faktor utama peranti motor cepat rusak disebabkan pengendara itu sendiri yang malas merawat motor. Padahal jika Anda rajin melakukan service di bengkel resmi, motor kesayangan Anda akan tetap dalam performa terbaik dan terus bertenaga.



Simak Video "Aksi Pencurian Motor di Gang Sempit Terekam CCTV"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)