Modal Rp 300 Ribuan, Motor Matic Tua Kembali Prima

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 31 Mei 2021 11:24 WIB
Yamaha Mio M3 dapat pilihan warna baru
Motor matic yang performanya menurun bisa diatasi dengan biaya Rp 300.000 (Dok. YIMM)
Jakarta -

Penggunaan motor matic sebagai kendaraan 'tempur' harian memang banyak menjadi pilihan bagi pemotor jalan di Indonesia. Minat beli masyarakat dan jumlah populasi motor matic tiap tahunnya terus bertambah.

Namun di balik kemudahan menggunakan motor matic, penggunanya kerap mengeyampingkan perawatan rutin. Akibatnya, performa motor matic bisa turun seiring usia pemakaian. Namun ada berbagai cara untuk mengembalikan lagi performa motor matic.

Griyan Kedia Pratama, pemilik bengkel 126 Project yang merupakan bengkel spesiali upgrade CVT asal Depok, Jawa Barat, mengungkapkan setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan oleh pengguna motor matic, yang tidak ingin motornya terasa lemot atau gredek karena sudah lama dipakai.

"Paling murah sih caranya dengan mengganti kampas ganda. Kalau kami memang membuat kampas ganda sendiri dengan bahan yang premium dan beberapa sih bilang mirip bahan karbon. Tapi dengan diganti kampas ganda ini, CVT jadi bisa lebih responsif dan dijamin gredek hilang," ujar Griyan kepada DetikOto, Jumat (28/05)

Griyan mengatakan, 126 Project menjual beragam jenis paket untuk upgrade CVT. Namun yang termurah bisa dengan membeli kampas ganda saja. Mereka menjual dalam berbagai harga tergantung jenis motor maticnya.

Kampas Ganda dan Modifikasi Mangkok Motor MaticKampas Ganda Motor Matic Foto: Dok. Pribadi 126 Project

"Kita ada dari mulai motor Jepang sampai Vespa. Biasanya kalau kayak Yamaha Nmax, Yamaha Aerox atau Honda PCX dijual kampas gandanya Rp 380 Ribu, tapi sekarang lagi ada promo jadi Rp 300 Ribu," ujar Griyan.

Selain itu, ada paket komplit yang juga ditawarkan oleh Griyan untuk upgrade performa CVT motor matic. Paket ini meliputi pergantian roller, mangkok ganda hingga pulley yang masing-masing bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan.

"Bisa milih mau upgrade performa untuk harian, untuk balapan atau untuk apapun. Nanti kita tinggal sesuaikan," papar Griyan.

Paket komplit ini dibanderol dengan harga yang tidak kalah beragam dari mulai harga Rp 1.350 Jutaan untuk Yamaha Mio dan Honda Beat Karbu sampai Rp 1.700 Jutaan untuk Yamaha Nmax dan Yamaha Aerox.

Pastikan Motor Matic Diservis Rutin

Ahmad Baharuddin pemilik bengkel Matic Mania, bengkel spesiais motor matic yang berlokasi di Jati Padang, Jakarta Selatan, ini menganggap hal yang utama harus dilakukan oleh pemilik motor matic jika ingin motornya kembali prima, adalah dengan melakukan servis ringan secara rutin.

"Pastinya wajib melakukan perawatan ringan. Servis injeksi, bersihkan throttle body, servis CVT dan lakukan injector cleaning, pasti akan membantu mengembalikan performa motor matic. Setelah itu dilakukan, baru kita bicara soal upgrade bagian CVT dan mesin," papar Ahmad kepada DetikOto, Jumat (28/05/21).

Kampas Ganda dan Modifikasi Mangkok Motor MaticModifikasi Mangkok Motor Matic Foto: Dok. Pribadi 126 Project

Di bengkel Matic Mania, paket servis ringan ini ditawarkan dengan banderol Rp 310 Ribu. Pengunjung sudah mendapatkan oli mesin dari Rafenol, oli gardan dari Motul dan tentunya servis di area mesin.

Namun untuk masalah upgrarde, Ahmad punya treatment khusus tanpa harus mengganti part. "Istilahnya kita kalibrasi atau di-repair derajat. Jadi bagian pulley ini kita sesuaikan posisinya agar dapat tarikan yang lebih responsif. Selain itu kita modif juga bagian mangkok CVT-nya," ujar Ahmad yang juga memiliki seperangkat alat bubut di bengkelnya.

Untuk upgrade bubut di Matic Mania ini tidak memakan biaya yang mahal. Ahmad mengatakan, untuk motor matic Jepang 150cc, biaya yang dikenakan untuk upgrade bubut adalah Rp 250 ribu dan untuk modifikasi mangkok Rp 130 Ribu.

Ahmad juga memberikan tips atau saran kepada pengguna motor matic harian untuk tetap melakukan perawatan, agar biaya yang dikeluarkan tidak membengkak. "Tips-nya sih pastikan untuk merawat CVT dan area mesin. Servis ringan minimal 3000 sampai 5000 km dicek. Lebih baik keluar (dana) sedikit untuk perawatan daripada keluar banyak karena harus ada pergantian part," tutup Ahmad yang juga menyediakan banyak paket upgrade CVT di bengkelnya.



Simak Video "ADV 150, Bertenaga tapi Kurang Empuk?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)