Tips Touring Jarak Jauh dari Lady Bikers Jisel: Kalau Ngantuk Tidur, Jangan Maksa!

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 05 Apr 2021 13:58 WIB
IMI akan Bikin Panduan Konvoi Motor
Ilustrasi touring (Dok. IMI)
Jakarta -

Persiapan yang matang jadi kunci touring yang mengasyikkan dan aman. Youtuber sekaligus lady bikers Eleonora Ajisela Agrippina membagi tips bagaimana melakukan touring untuk pemula.

Eleonora Ajisela Agrippina, yang akrab disapa Jisel, membeberkan apa saja yang harus disiapkan sebelum melakukan touring. Terlebih buat mereka yang melakukan touring untuk pertama kali.

Jisel menjelaskan, pengendara pemula harus mempersiapkan mulai dari rute yang dilewati, titik lokasi checkpoint, dan barang bawaan yang akan dibawa.

"Kalau misalnya bagi para pemula nih, lebih ke persiapan kayak rute, checkpoint nya mau di mana terus barang bawaannya apa aja tapi usahakan secukupnya," kata Jisel dalam perbincangan dengan detikoto, Minggu (4/4/2021).

Selain mengecek rute yang dilintasi, pengendara juga harus mempersiapkan keterampilan yang baik dalam berkendara. Jangan lupa memakai safety riding yang lengkap agar melindungi diri dengan aman.

"Skill di atas motor juga perlu diperhatikan, yang penting kalau misalnya safety riding harus lengkap dari helm, jaket, sarung tangan sampai sepatu di atas mata kaki," ungkapnya.

"Pesanku lebih memperhatikan ke vision (pandangan), kadang-kadang orang hanya fokus aja padahal sebenarnya kita juga multitasking nih, mesti balance di atas motor dan harus tau kapan buka gas dan kapan harus ngerem, kapan kita bisa melihat seluas-luasnya kondisi di sekitar kita," sambungnya.

Vlogger wanita tersebut menambahkan, kondisi stamina juga hal yang penting dalam melakukan touring dengan motor. Jisel menyarankan jika sudah merasa mengantuk, ada baiknya untuk menepikan kendaraan dan tidur sejenak.

"Stamina juga perlu diperhatikan, soalnya saya paling sering ditanya 'kalau ngantuk gimana?' ya pasti tidur dan jangan dipaksakan," ujar Youtuber itu.

Dirinya memberi resep ampuh agar saat touring tidak mudah lelah. Usahakan untuk tidur yang cukup di malam hari, serta setiap dua sampai tiga jam sekali beristirahat sejenak.

"Aku yang pasti malam sebelum berangkat cukup istirahat, aku kan setiap 2-3 jam sekali istirahat, ketika ternyata 2 jam sekali itu nggak cukup ya udah aku cari pom bensin yang penting barang bawaan aman. Mending diistirahatkan aja atau di warung kopi gitu, karena misalnya dipaksa untuk melek kan bahaya. Rasa ngantuk itu kan tanda-tanda kekurangan oksigen dan matanya lelah, jadi kalau capek ya diistirahatkan aja," tutur Jisel.



Simak Video "Perjalanan Istimewa ke Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)