Jisel, Lady Bikers Siap Touring Jakarta-Bali, Ini Misinya!

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 04 Apr 2021 16:26 WIB
Jurnal Jisel
Jurnal Jisel, siap touring Jakarta-Bali Foto: Ilham Satria Fikriansyah
Jakarta -

Eleonora Ajisela Agrippina yang akrab disapa Jisel, lady bikers akan melakukan touring dari Jakarta menuju Bali. Tak hanya sekedar touring, Jisel bakal membawa misi "Save Indonesia Woman", khususnya soal kemampuan berkendara motor serta kedisiplinan di bidang lalu lintas.

Hari Kartini telah menginspirasi banyak perempuan untuk terus memperjuangkan emansipasi perempuan di Indonesia dalam berbagai kegiatan dan bidang pekerjaan, termasuk Jisel. Perjalanannya bakal dimulai dari Jakarta pada Senin (5/4/2021) lalu singgah ke berbagai kota.

Youtuber dengan akun Jurnal Jisel ini juga mengungkapkan bahwa touring dilakukan dalam menyambut hari Kartini. Selain itu untuk memberikan pesan jika perempuan bisa berkendara motor dengan memerhatikan aspek safety riding.

"Sebenarnya sudah lama banget dari 2015. Pertama aku awalnya kumpul sama temen-temen perempuan dan berdisuksi 'kok mereka cuman bisa bullying ke kita aja ya tapi kok nggak ada sesuatu gerakan yang bisa dilakukan sama perempuan' saat itu juga kita menyadari bahwa banyak perempuan Indonesia motoran karena nggak bisa diantar suaminya atau sendirian karena single parent, yang mesti antar anaknya tapi skill nya pas-pasan banget," kata Jisel dalam sesi konferensi pers yang digelar di Royal Enfield Pondok Indah Minggu (4/4/2021).

Jurnal JiselJisel Foto: Ilham Satria Fikriansyah

Dunia touring jarak jauh bukan barang baru bagi Jisel. Ia pernah menjelajah pulau Jawa, Bali, Lombok, Sulawesi, Kalimantan dan Pulau Timor. Pada tahun 2017 Ia juga dinobatkan sebagai pemenang Legendary Riders Indonesia (LBI) yang diadakan perusahaan oli motor terkemuka.

Berangkat dari rasa kekhawatiran dengan sejumlah pengendara motor perempuan di Indonesia. Kali ini Jisel mengusung misi "Save Indonesia Woman" agar bisa berkendara lebih baik, serta meningkatkan perempuan seperti sosok Kartini yang tangguh dan cerdas.

Kartini di masa kini menyuarakan emansipasi melalui hobi bermotorKartini di masa kini menyuarakan emansipasi melalui hobi bermotor Foto: Royal Enfield

"Dari situ aku pikir kalau kualitas perempuan Indonesia perlu ditingkatkan terutama dari berkendara motor, itu pasti nggak ada lagi yang terobos lampu merah atau lawan arah karena mereka akan saling mengingatkan," ujarnya.

"Aku pikir saat ini kita kekurangan sosok Kartini masa kini, banyak banget perempuan hebat di luar sana tapi sendiri-sendiri aja. Mungkin ada satu dua orang yang mengajak perempuan lain untuk berbuat baik dan memberikan dampak positif, dan aku pikir aku ingin menjadi salah satunya," sambung Jisel.

Menariknya lagi, Jisel menyalurkan hobi berkendara motornya dengan moge (motor gede). Padahal dengan bobot yang lebih berat, mengendarai motor berkapasitas 500 cc ke atas bukanlah hal mudah bagi wanita.

Berkat hobinya, Jisel pun menjadi salah satu tamu undangan dalam Girls Ride Out, sebuah acara berkendara yang unik dengan para lady rider dalam Royal Enfield Indonesia marquee ride - Tour of Indonesia 2020.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan langsung dari Ikatan Motor Indonesia (IMI). Rifat Sungkar selaku Ketua IMI Mobility mengungkapkan rasa kagumnya dengan kegiatan Jisel untuk touring ke Bali yang menempuh jarak lebih dari 3.000 km.

"Nah hari ini khususnya, Jisel adalah salah satu penggiat otomotif yang fokus pada roda dua, tapi saya sangat kagum dengan dia karena mau jalan sendirian ke Bali," ungkap Rifat saat sesi konferensi pers.

Rifat mengatakan jika perjalanan Jisel ini bisa menjadi inspirasi dan gerakan menuju kebaikan. Karena Jisel bisa menjadi inspirasi khususnya untuk kaum perempuan lainnya di Indonesia.

"Jangan lupa, hal ini bisa menjadi inspirasi karena sebuah gerakan adalah hal yang paling penting dan semua orang bisa tahu. Karena kamu adalah inspirasi khususnya bagi kaum perempuan," tutur Rifat.



Simak Video "Riding Bersama Disable Motorcycle Indonesia di Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)