Rabu, 22 Apr 2020 11:47 WIB

Anti Mainstream, Kartini Zaman Now Hobi Naik Moge

Luthfi Anshori - detikOto
Kartini di masa kini menyuarakan emansipasi melalui hobi bermotor Kartini di masa kini menyuarakan emansipasi melalui hobi berkendara motor.Foto: Royal Enfield
Jakarta -

Tanggal 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini. Kartini menjadi salah satu simbol emansipasi wanita yang memiliki pemikiran progresif di masa penjajahan kolonial Belanda. Di masa kini, muncul kartini-kartini baru yang mendobrak arus utama, dengan hobi berkendara motornya.

Salah satu lady bikers itu adalah Eleonora Ajisela Agrippina. Wanita yang akrab disapa Jisel ini sudah membuktikan ketangguhannya dalam bermotor yang tidak kalah dengan pemotor laki-laki.

"Melalui minat dan kemampuan, Jisel telah menunjukkan sisi berbeda dari seorang Kartini Masa Kini. Jika banyak orang masih beranggapan bahwa kegiatan bermotor, apalagi di medan yang berat, adalah milik para laki-laki saja, Jisel telah membuktikan bahwa ia - seorang perempuan Indonesia - memiliki keahlian bermotor yang tidak kalah dengan para laki-laki," tulisnya.

Dalam rilis Royal Enfield yang diterima detikOto, disebutkan Jisel sudah menjadi lady rider sejak tahun 2005 dan telah mengikuti berbagai kegiatan bermotor, serta menaklukkan berbagai medan yang tergolong tidak mudah.

Berbagai kegiatan touring jarak jauh telah dilakukannya, termasuk di Jawa, Bali, Lombok, Sulawesi, Kalimantan dan Pulau Timor. Pada tahun 2017 Ia juga dinobatkan sebagai pemenang Legendary Riders Indonesia (LBI) yang diadakan perusahaan oli motor terkemuka.

Menariknya lagi, Jisel menyalurkan hobi berkendara motornya dengan moge (motor gede). Padahal dengan bobot yang lebih berat, mengendarai motor berkapasitas 500 cc ke atas bukanlah hal mudah bagi wanita.

Berkat hobinya, Jisel pun menjadi salah satu tamu undangan dalam Girls Ride Out, sebuah acara berkendara yang unik dengan para lady rider dalam Royal Enfield Indonesia marquee ride - Tour of Indonesia 2020.



Simak Video "Dedikasi Raisa untuk Tenaga Medis Wanita di Hari Kartini 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com