Penanganan Pertama setelah Mobil Terendam Banjir

team DetikOto - detikOto
Sabtu, 20 Feb 2021 11:42 WIB
Wilayah Kemang, Jakarta Selatan, ikut terdampak banjir, Sabtu (20/2/2021). Puluhan mobil yang tak sempat dievakuasi pemiliknya pun ikut terendam banjir.
Ilustrasi mobil terendam banjir Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Hujan deras yang melanda beberapa wilayah di Jabodetabek membuat lumpuh mobilitas masyarakat akibat banjir, bahkan tidak sedikit mobil milik masyarakat yang terendam banjir. Jika detikers mengalami hal demikian ada penanganan awal yang bisa dilakukan detikers, agar tidak memperparah kerusakan.

Seperti yang disampaikan jaringan bengkel mobil umum, CARfix, memiliki tips agar mobil yang terendam banjir tidak terhindari dari kerusakan lebih parah akibat salah penanganan.

Fadly Hasan, Marketing Director CARfix, mengatakan tips ini dapat dilakukan sendiri di rumah. "Harapan kami semoga ini bisa membantu penanganan pertama mobil Anda," ujar Fadly dalam keterangannya yang diterima detikcom.

Berikut 11 tips jitu atasi kerusakan mobil yang terendam banjir menurut Fadly:

1. Yang paling utama jangan menghidupkan/starter mobil terendam banjir. Jika dipaksa di-starter, besar kemungkinan terjadi korsleting pada bagian kelistrikan.

2. Lepas kabel aki. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari terjadinya korsleting, mulai dari bagian minus

3. Bersihkan eksterior dan interior mobil dari lumpur tanpa menghidupkan mesin, terutama karpet bawah dan jok

4. Keringkan mobil

5. Buka filter angin

Wilayah Kemang, Jakarta Selatan (Jaksel) ikut terdampak banjir. Sejumlah mobil yang tak sempat dievakuasi pemiliknya ikut terendam banjir.Wilayah Kemang, Jakarta Selatan (Jaksel) ikut terdampak banjir. Sejumlah mobil yang tak sempat dievakuasi pemiliknya ikut terendam banjir. Foto: Ari Saputra


6. Buka dan ambil busi, bila ada kompresor, pakailah kompresor supaya lebih bersih

7. Cek kondisi oli mesin. Buang oli mesin dan biarkan baut tetap terbuka. Setelah terendam banjir, biasanya pelumas tercampur dengan air sehingga harus diganti.

8. Keringkan lubang busi atau ruang bakar, tempat sikring, dan komponennya dengan kompresor

9. Cek tangki bahan bakar. Pastikan bensin/solar tidak tercampur air. Jika tercampur air, buang dan bersihkan tangki. Bila kesulitan menguras tangki, silahkan menghubungi bengkel terdekat.

10. Setelah memastikan komponen-komponen tersebut kering dan bersih, isi dengan pelumas baru. Lalu pasang filter angin baru, lalu pasang kembali kabel aki yang telah dilepas tadi.

11. Bila sudah dilakukan semua langkah tersebut, mesin mobil siap di-starter

"Jika Anda ragu untuk melakukan pengecekan dan penanganan mobil yang terendam banjir secara mandiri, pastikan tidak menghidupkan mesin mobil dan segera hubungi bengkel terdekat dari rumah anda," ujarnya.



Simak Video "Sudah Empat Kali Banjir Rendam Rumah Warga di Pamanukan Subang"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/lth)