Rabu, 05 Agu 2020 17:05 WIB

Ciri-ciri Pemotor Newbie yang Harus Diwaspadai di Jalan

M Luthfi Andika - detikOto
Sejumlah pengendara motor nekat melawan arus lalu lintas saat berkendara. Tak jarang aksi nekat itu dilakukan demi dapat mempersingkat waktu tempuh. Ilustrasi berkendara motor (Grandyos Zafna/detikOto)
Jakarta -

Pada masa pandemi sepeda motor jadi satu alat transportasi yang digemari. Karena selain lebih personal, motor juga kerap dipilih karena dinilai lebih aman untuk menghindari penularan virus Corona. Apalagi sejak 3 Agustus 2020 ganjil genap di Jakarta sudah diterapkan kembali.

Meski demikian para pengendara motor harus lebih hati-hati nih, karena berkat pandemi virus Corona juga membuat semakin banyak pengendara motor baru alias newbie atau orang yang baru bisa mengendarai motor nekat berkendara. Untuk itu kewaspadaan saat berkendara harus terus dilakukan dan lebih peka untuk mengetahui ciri-ciri pengendara motor baru.

Seperti yang disampaikan Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Lucky, pada ajang NGOVID FORWOT bersama Astra Honda Motor yang mengusung tema 'Saling Jaga, Bikers di era Adaptasi Kebiasaan Baru'.

"Bagi pengguna motor saat bertemu dengan pengendara baru atau Newbie lebih baik mengalah, daripada terjadi kecelakaan. Karena memang betul saat ini banyak pengendara motor baru," kata Lucky.

Dalam kesempatan yang sama Lucky menjelaskan bagaimana cara mengantisipasi saat bertemu dengan pengendara motor newbie dan bagaimana mencirikan pengendara motor newbie atau pengendara motor berpengalaman.

"Cara kita mengantisipasi pengendara baru? Pertama, pastikan kita selalu punya jarak sesuai dengan kondisi seberapa kecepatan kita berkendara. Artinya kita punya punya ruang untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu, jaraknya menyesuaikan kecepatan kita. Semakin cepat kita melaju semakin jauh jarak kita dengan pengendara," ujar Lucky.

"Untuk bisa mencirikan pengendara motor itu newbie atau tidak, biasanya pengendara newbie akan berkendara dengan kecepatan rendah di lajur tengah. Ciri khas selanjutnya penggunaan lampu sein atau saat menggunakan peranti yang ada seperti klakson. Penggunaan lampu sein biasanya tidak sesuai dengan tanda yang diberikan, selanjutnya Newbie biasanya lebih sering menggunakan klakson, ini yang harus kita waspadai. Begitu juga saat bertemu jalanan kosong, biasanya mereka akan berkendara pelan, jadi kita harus antisipasi," Lucky menambahkan.



Simak Video "Meriahnya kontes Motor Cross Ojek, Garut"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com