Senin, 27 Jul 2020 10:40 WIB

Begini Cara Aman Bonceng Anak di Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Cara Aman Bonceng Anak di Motor Cara Aman Bonceng Anak di Motor. Foto: Dok. Wahana Honda.
Jakarta -

Sepeda motor menjadi pilihan transportasi utama sebagian besar masyarakat Indonesia. Motor juga kerap digunakan para orang tua untuk mengantarkan anaknya ke sekolah atau keperluan lainnya. Perlu dicatat, membawa anak di motor harus dilakukan secara safety untuk meminimalisasi risiko kecelakaan.

Seperti dipaparkan Head of Safety Riding Promotion Wahana Honda, Agus Sani, berboncengan dengan anak kecil saat berkendara motor memiliki aturan keamanan tersendiri.

"Pengendara dan yang dibonceng wajib menggunakan perlengkapan keamanan mulai dari helm, sarung tangan, dan sepatu. Boleh memakai sandal untuk jarak dekat dan jangan lupa menggunakan masker. Perhatikan usia anak yang akan dibonceng dan telah mengerti saat berkendara," bilang Sani, dalam keterangan resmi yang diterima detikOto, Senin (27/7/2020).

Membawa pembonceng apalagi anak kecil, rawan dengan kondisi mengantuk. Tanpa persiapan yang baik kondisi ini rawan untuk terjadi kecelakaan. Maka itu disarankan untuk memastikan anak tidak pada dalam kondisi mengantuk.

"Sering kali kita melihat ibu yang membonceng anak ke sekolah sangat rentan kecelakaan di jalan raya. Maka berkendara aman penting untuk diketahui," lanjut Sani.

Tidak hanya saat perjalanan ke sekolah, tidak jarang anak juga sering diajak berkendara jauh. Tidak perlu memaksakan jika anak cepat lelah di jalan. Jika memang terpaksa, usahakan untuk selalu istirahat saat kondisi badan mulai lelah.

"Memang menyenangkan bermotor dengan si kecil. Namun sangat rentan kecelakaan. Jadi mulailah menjadi pengendara yang cerdas sekaligus pahami berkendara aman khususnya saat membawa buah hati Anda," tukas Sani.



Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com