Senin, 22 Jan 2018 16:17 WIB

Pelajaran Penting dari Kecelakaan Moge Masuk Jurang di Ciletuh

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pelajaran Penting dari Kecelakaan Moge Masuk Jurang di Ciletuh Foto: Dok. Facebook Andi Firmansyah Pelajaran Penting dari Kecelakaan Moge Masuk Jurang di Ciletuh Foto: Dok. Facebook Andi Firmansyah
Jakarta - Baru-baru ini sebuah video kecelakaan sebuah motor gede (moge) masuk jurang di Ciletuh, Sukabumi beredar viral. Kecelakaan itu bisa menjadi pelajaran bagi pengendara motor untuk selalu waspada dan pahami rambu lalu lintas.

Ada beberapa pelajaran penting dari kasus kecelakaan itu. Andry Berlianto, Instruktur safety riding di Rifat Drive Labs, mengatakan pengendara harus 100 persen konsentrasi terhadap situasi jalan (depan, belakang, kanan, kiri, atas, bawah).

"Perhatikan rambu-rambu serta marka jalan, pada kasus ini tampak rambu peringatan (warna kuning) yaitu panah berbelok ke kanan, tapi justru kendaraan menaikkan kecepatan," kata Andry yang juga punya pengalaman jelajah Nusantara dari Sumatera, Kalimatan, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores hingga Timor itu kepada detikOto, Senin (22/1/2018).

Lanjut Andry, selalu waspadai blind spot atau titik pandang yang tidak terlihat oleh pengendara dalam bentuk lekukan jalan. Lakukan perlambatan jika ada blind spot.

"Pelajari kontur jalan sebelum melakukan perjalanan, tipikal jenis jalan seperti apa saat kita hendak melintas, bisa dilakukan survei online sebelum berangkat," sebut Andry.

Perhatikan juga kondisi jalan yang berpengaruh pada traksi kendaraan. Apakah itu jalan aspal, berbatu, jalan basah, atau jalan berlumpur.

"Jangan tergesa-gesa. Dalam kaitannya dengan turing adalah coba nikmati perjalanan dan bukan menyikapi jalan umum sebagai trek balap yang menyenangkan. Gunakan apparel dengan maksimal untuk mengurangi efek cedera saat terjadi kecelakaan. Tenang, tidak panik saat ada momen menuju kecelakaan dengan bertindak seaman mungkin dan memperhitungkan aspek keselamatan 100%," pungkas Andry. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed