Enggak Ada Faedahnya Isi Bensin Mobil Sambil Digoyang-goyang

ADVERTISEMENT

Enggak Ada Faedahnya Isi Bensin Mobil Sambil Digoyang-goyang

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 06 Jan 2023 17:45 WIB
Mobil isi bensin sambil digoyang
Ilustrasi isi mobil sambil digoyang Foto: Screenshot Facebook
Jakarta -

Kebiasaan menggoyangkan mobil saat mengisi bensin perlu ditinggalkan. Alih-alih berharap aliran bensin lancar malah bikin pegal badan.

Umumnya aksi 'mengocok' mobil saat isi bensin konon supaya udara yang terjebak dalam tangki bisa keluar. Sehingga kapasitas pengisian lebih maksimal. Menurut Director of Mister Garage, Vincent Emannuel anggapan menggoyangkan mobil saat untuk membuat uap lebih cepat keluar tidak benar.

"Saat memompa bensin ke dalam tangki, itu menghasilkan busa dan uap, dan itu berada di tangki. Jadi jika Anda menunggu uap dan buihnya menghilang, barulah Anda dapat memompa lebih banyak bensin ke dalam tangki, dan menggoyangkan mobil tidak akan membuat uapnya menghilang lebih cepat," kata dia dikutip dari TOI, Jumat (6/1/2023).

Hal senada juga pernah diungkapkan Research & Development (R&D) Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM)Anjar Rosadi, pemilik mobil tidak perlu menggoyangkan kendaraannya saat mengisi bensin.

Memang di dalam tangki ada terdapat beberapa komponen seperti misalnya sekat atau fuel tank separators. Namun menurutnya, air akan menemukan jalannya sendiri karena benda cair, sehingga tak perlu digoyang.

"Karena dalam bahan bakar sendiri itu ada sistem pernapasan. Yang artinya, ketika bensin diisi, kalau ada udara terjebak di bawahnya dia akan keluar dengan sendirinya tanpa perlu digoyang," kata Anjar, saat dihubungi detikOto beberapa waktu yang lalu saat menjabat Koordinator Eksekutif Technical Service PT Astra Daihatsu Motor.

Lebih lanjut, Sony Susmana selaku Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengungkapkan, bisa saja aksi goyang tersebut bikin takaran bensin tidak akurat.

"Kendaraan digoyang-goyang saat mengisi BBM, justru membuat bahan bakar yang ada di dalam akan koclak dan membuat ukurannya tidak akurat dan kalau sampai cipratannya (bensin) terbuang keluar justru membahayakan," kata Sony Susmana beberapa waktu yang lalu.

"Tidak tahu itu tradisi datang dari mana, pada intinya, aktivitas menggoyangkan kendaraan saat ini bensin itu sama sekali tidak ada manfaatnya," ujarnya.

"Banyak alasan para pemilik kendaraan yang menggoyangkan kendaraan ini agar udara yang ada pada tangki ini keluar. Tangki kendaraan sudah ada saluran udara pembuangan. Jadi kita nggak usah repot keluar mobil untuk goyang-goyangin mobil," jelas Sony.



Simak Video "Kapan Sebaiknya Motor Ganti Oli?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT