Mau Pergi Liburan Nataru Naik Mobil? Ini Masalah yang Harus Dihindari di Jalan Tol

ADVERTISEMENT

Mau Pergi Liburan Nataru Naik Mobil? Ini Masalah yang Harus Dihindari di Jalan Tol

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 28 Des 2022 18:44 WIB
Pantauan Tol Batang-Semarang, Kamis (28/4/2022) pukul  pukul 10.15 WIB hingga 10.42 WIB.
Ada beberapa masalah yang harus dihindari di jalan tol saat liburan naik mobil pribadi. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Jakarta -

Jika kamu termasuk orang yang akan pergi ke luar kota selama momen liburan Nataru (Natal dan Tahun Baru), ada baiknya memperhatikan beberapa tips berkendara aman, khususnya saat melalui jalan bebas hambatan atau jalan tol.

Dijelaskan Auto2000 dalam keterangan resminya, terdapat beberapa daftar masalah di jalan tol yang bisa kamu antisipasi saat mengemudi mobil di masa libur Nataru 2023. Apa saja?

1. Medan Jalan Tol

Jalan tol trans Jawa relatif lurus dan bikin pengemudi mudah mengantuk. Beberapa ruas jalan tol punya medan jalan menanjak dan menurun sehingga kamu harus menjaga kewaspadaan dan memastikan mobil sanggup melaluinya. Sementara jalan tol trans Sumatera belum diketahui oleh banyak pengemudi, sehingga harus lebih waspada.

2. Jalan Kurang Mulus

Efek melibas jalan kurang mulus bisa sangat fatal, karena kecepatan mobil yang tinggi. Jangan mengerem mendadak atau pindah lajur untuk menghindar karena berpotensi celaka, apalagi sampai melibatkan mobil lain. Bila tidak aman, cukup lepas pedal gas dan biarkan mobil menabrak lubang. Jalan perlahan dan rasakan apakah ada potensi masalah, segera berhenti kalau benar.

3. Ban Mobil Pecah

Ban mobil harus dapat dikendalikan dengan baik. Ban kempis memiliki potensi pecah tinggi, sementara ban terlalu keras membuatnya sulit dikendalikan. Perhatikan kondisi telapak dan dinding ban, jika dirasa bermasalah segera ganti di bengkel demi keselamatan di jalan.

4. Aquaplaning

Aquaplaning merupakan bahaya laten yang bisa terjadi kapan saja saat mobil melaju di jalan yang basah. Aquaplaning sanggup menahan telapak ban mobil tidak menyentuh permukaan jalan, sehingga kehilangan traksi dan mobil tergelincir. Kurangi kecepatan bila turun hujan atau trek tol basah untuk mengurangi risiko aquaplaning.

5. Rest Area Penuh

Rest area merupakan sarana penting saat berkendara di jalan tol untuk istirahat dan isi ulang bensin. Masalahnya saat musim libur Nataru, rest area pasti bakal penuh oleh pengunjung yang memiliki kebutuhan sama, bahkan hingga ditutup oleh polisi supaya tidak membuat jalan tol macet. Jadi pastikan isi bensin full sebelum masuk jalan tol dan atur strategi masuk rest area yang paling pas.

6. Sesama Pengguna Jalan

Kamu mungkin pernah mengalami kecelakaan akibat kecerobohan orang lain. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan dan tak perlu menutup jalan mobil lain yang pindah lajur seenaknya. Meski benar secara hukum, tapi mencegah kecelakaan tetap jauh lebih baik.

7. Kondisi Kendaraan

Kamu pasti tidak mau rem mobil bermasalah saat melaju di jalan tol. Maka itu pastikan kamu mengetahui posko-posko bengkel resmi yang ada di sepanjang jalan tol. Misal Auto2000 yang mendirikan Posko Siaga Auto2000 24 Jam yang melayani kebutuhan servis berkala dan pekerjaan perbaikan kendaraan ringan. Ada 3 titik, yaitu di Posko Cikampek Rest Area Km 57, Posko Probolinggo Rest Area Utama Raya, dan Posko Siaga Cisarua-Puncak Raya Hotel. Posko ini didirikan sepanjang 23 Desember 2022 sampai 1 Januari 2023.

Bengkel Siaga Auto2000 melayani seluruh kebutuhan perawatan kendaraan pelanggan seperti biasa, mulai dari servis berkala hingga perbaikan berat tanpa ada tambahan biaya jasa dan parts. Ada total 113 layanan Bengkel Siaga Auto2000 tetap buka seperti biasa mulai 23 Desember sampai 1 Januari 2023, di mana 59 bengkel buka pada 1 Januari 2023. Informasi lebih lanjut bisa hubungi cabang Auto2000 terdekat.



Simak Video "Stasiun Pasar Senen Sediakan Porter Gratis Selama Libur Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT