Tak Sekadar Gaya, Ternyata Ini Fungsi dari Sunroof Mobil

ADVERTISEMENT

Tak Sekadar Gaya, Ternyata Ini Fungsi dari Sunroof Mobil

Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 04 Des 2022 09:05 WIB
Sunroof Honda Accord
Sunroof disematkan di mobil ternyata tak hanya berfungsi untuk meningkatkan estetika mobil tapi juga untuk kebersihan kabin.(dok. Honda Prospect Motor)
Jakarta -

Sunroof atau atap model kaca yang disematkan di mobil kekinian ternyata tak hanya berfungsi untuk meningkatkan estetika mobil, namun juga memiliki berbagai kegunaan lain.

Pada praktiknya, sunroof dapat membuat udara dan sinar matahari masuk ke dalam kabin. Hal ini karena sunroof dapat terbuka dan membentuk sudut tertentu untuk aliran udara masuk.

Dilansir dari Auto2000, sunroof ternyata memiliki beragam fungsi yang berkaitan dengan kenyamanan dan kebersihan kabin mobil.

Pertama, sunroof berfungsi untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan. Sebab secara visibilitas, pengendara dan penumpang dapat melihat pemandangan di atas atap.

Kedua, dengan adanya sunroof, sinar matahari dapat masuk ke dalam kabin dan membuat rasa berkendara yang lebih nyaman. Selain itu, sinar matahari juga berfungsi membunuh kuman dan bakteri yang menempel di dalam kabin.

Terakhir, sunroof dapat digunakan untuk membuat sirkulasi udara segar masuk ke dalam kabin. Hal ini tak hanya membuat sirkulasi udara menjadi lebih segar, tapi kabin juga terhindar dari bau yang tidak sedap.

Selain itu dengan adanya sirkulasi udara di dalam mobil, zat-zat berbahaya yang mengandung gas dapat hilang.

Cara Merawat Sunroof

Layaknya komponen lain di mobil, sunroof sebaiknya dirawat agar terus bekerja secara optimal. Dilansir dari Hyundai Indonesia perawatan sunroof ini dapat dilakukan secara mandiri dengan mudah.

"Proses perawatan dari panoramic sunroof tidaklah jauh berbeda dengan perawatan kaca mobil karena material utama dari panoramic sunroof adalah kaca," tulis Hyundai.

Untuk merawat kaca dari sunroof ini, maka kita dapat melakukan pembersihan secara berkala agar kaca tidak berjamur.

Selain kaca, komponen lain yang harus dirawat adalah karet-karet pelindung. Lakukan pembersihan debu-debu di sekitar karet agar tidak mengendap dan mengganggu kinerjanya.

"Upaya perawatan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah yaitu dengan menyemprotkan cairan silikon di bagian permukaan karet," tulis Hyundai.



Simak Video "Buat Cuma Keren, Sunroof Mobil Ternyata Punya Banyak Fitur!"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT