Lagi Kejebak Macet Naik Mobil Matic, Kapan Harus Pindah ke 'N'?

ADVERTISEMENT

Lagi Kejebak Macet Naik Mobil Matic, Kapan Harus Pindah ke 'N'?

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 03 Des 2022 16:30 WIB
Automatic car gear stick. Automatic transmission gear shift inside modern and sport design car. Gear stick shift on parking mode position. Park-transmission locked in position for parking. Automotive.
Transmisi mobil matic. Foto: Getty Images/iStockphoto/Fahroni
Jakarta -

Mengendarai mobil matic memang lebih mudah dari mobil manual, tidak banyak perpindahan gigi yang dilakukan. Untuk menjalankan mobil, pengendara hanya perlu memindahkan tuas transmisi ke 'D' dan mobil otomatis berjalan.

Ketika kecepatan melambat pun tidak perlu repot memindahkan gigi, hanya tinggal melepas pedal gas secara perlahan sembari menginjak pedal rem. Lalu bagaimana ketika tengah terjebak macet? Perlukah memindahkan gigi ke posisi 'N' atau justru tetap di 'D' saja?

Melansir laman Daihatsu Indonesia, ketika melewati jalanan macet dengan kondisi yang tidak terlalu parah dan tak sampai 10 detik, maka kamu tidak perlu memindahkan tuas transmisi dari 'D' ke 'N'.

Ya, di bawah 10 detik hitungannya memang sebentar, maka untuk bersiaga ketika jalanan kembali lancar maka kamu bisa menempatkan gigi di posisi 'D'. Dengan menempatkan tuas ke transmisi D juga dipercaya bisa membuat kinerja pompa hidrolik jadi lebih ringan.

Namun bila jalanan yang dilalui macet mengular dan berhenti lebih dari 10 detik, ada baiknya posisi transmisi dipindahkan ke netral. Jangan lupa untuk tetap menjaga keamanan, tetap aktifkan rem tangan.

Hal itu dilakukan untuk mencegah hal yang tak diinginkan seperti mobil bergerak maju sendiri saat pedal gas dilepas. Di sisi lain, memindahkan gigi ke posisi 'N' saat macet juga bisa mengurangi beban kerja transmisi. Disebut juga ini bisa menghemat konsumsi BBM.

Jika kemacetan terjadi di jalanan menanjak, kamu perlu perhatikan medannya. Apabila tanjakannya curam, maka posisikan transmisi pada posisi '2' atau di beberapa mobil 'D2'. Namun kalau tanjakannya lebih curam lagi, kamu bisa menggunakan gigi 'D1' atau '1' atau 'L'. Ya, gigi tersebut itu memiliki fungsi seperti gigi 1 pada mobil manual.

Posisi gigi 1 tersebut juga bisa digunakan ketika kamu berkendara di tengah kemacetan dan jalanannya menanjak sehingga harus maju secara perlahan-lahan.



Simak Video "Jangan Ketuker! Tarik Rem Tangan atau 'P' Dulu?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT