Pakai Mobil Manual Jangan Sembarangan Pindah Gigi, Ini Cara yang Benar

ADVERTISEMENT

Pakai Mobil Manual Jangan Sembarangan Pindah Gigi, Ini Cara yang Benar

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 25 Nov 2022 21:03 WIB
Datsun Go+ terbaru telah diluncurkan di Jakarta, Senin (7/5) malam. Yuk lihat dari dekat mobil yang kini tampil lebih stylish tersebut.
Tuas transmisi mobil manual. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Berbeda dengan mobil bertransmisi otomatis, pengaturan gigi di mobil manual ya dilakukan secara manual. Bila pada mobil matic pengendara hanya perlu pindah ke 'D', 'L', atau '1' dan sistem transmisinya bisa menyesuaikan otomatis posisi gigi dan kecepatan, maka pada mobil manual ceritanya berbeda.

Ketika mengemudikan mobil manual, pengendara harus menyesuaikan perpindahan gigi dengan laju kendaraan dan juga putaran mesin.

Perlu diketahui, perpindahan gigi yang tidak sesuai dengan kerusakan mesin bisa menyebabkan transmisi, khususnya pelat kopling. Mengutip laman Daihatsu Indonesia, perpindahan gigi sejatinya dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Ketika melintas di jalanan datar, idealnya rpm berada di rentang 2.000-3.000 rpm.

Namun di kondisi tertentu ketika melewati tanjakan misalnya, perpindahan gigi di putaran tinggi tetap bisa dilakukan karena mobil membutuhkan torsi besar. Lalu kapan sebaiknya gigi 1, gigi 2, gigi 3, gigi 4, dan gigi 5 digunakan? Berikut penjelasannya.

Gigi 1 biasanya digunakan pada kecepatan 0-20 km/jam. Artinya, ketika tuas transmisi berada di posisi gigi 1, mobil bisa dalam kondisi diam hingga kecepatan 20 km/jam.

Beralih ke gigi 2, biasanya digunakan untuk meningkatkan kecepatan mobil. Kamu bisa memindahkan gigi 1 ke gigi 2 pada kecepatan 15 km/jam hingga 35 km/jam.

Makin tinggi kecepatannya, ada baiknya posisi gigi juga naik. Ketika mobil melaju di kecepatan 30 km/jam hingga 60 km/jam, kamu bisa menggunakan gigi 3. Selanjutnya gigi 4 biasanya digunakan saat mobil dipacu pada kecepatan 50 km/jam hingga 80 km/jam. Umumnya gigi 4 digunakan ketika berada di jalan tol yang bebas hambatan, dimana ada batasan kecepatan 60 km/jam sampai 80 km/jam.

Kemudian untuk gigi 5 biasa digunakan saat mobil melaju di kecepatan 80 km/jam ke atas. Jangan lupa tetap sesuaikan perpindahan gigi ketika kecepatannya berkurang.



Simak Video "Review Mercedes-AMG GLA 35: SUV Super Kencang Bikinan Wanaherang!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT