Muncul Suara Kasar dari Ruang Mesin Mobil? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

ADVERTISEMENT

Muncul Suara Kasar dari Ruang Mesin Mobil? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 30 Nov 2022 09:18 WIB
Muncul suara kasar dari ruang mesin? Ini sebabnya
Muncul suara kasar dari ruang mesin? (Foto: Auto 2000)
Jakarta -

Seiring pemakaian, mobil bisa mengalami berbagai masalah, salah satunya muncul suara kasar dari ruang mesin. Menurut Auto2000, ada beberapa komponen mobil yang bisa diperiksa untuk mengetahui penyebab munculnya suara kasar tersebut. Apa saja ya?

1. Kompresor AC Mobil

Penyebab pertama suara kasar dari ruang mesin adalah dari kompresor AC mobil. Komponen pendingin kabin ini bisa menimbulkan suara berisik dan kasar, terutama jika olinya sudah mulai habis. Pastikan oli kompresor AC tidak sampai kering, karena akan membuat komponen tersebut jebol.

2. Oli Mesin

Oli mesin yang kurang membuat komponen mesin tak mendapat pelumasan yang optimal. Dalam jangka panjang sangat merugikan, seperti risiko turun mesin sebab komponen mesin yang saling bergesekan semakin cepat aus dan macet. Anda wajib mengecek oli mesin secara rutin untuk memastikannya tidak kurang dan dalam kondisi prima.

3. Sabuk Pemutar

Beberapa komponen mobil menggunakan tenaga mesin untuk bekerja, seperti kompresor AC dan alternator, melalui sabuk pemutar untuk memindah tenaga mesin ke komponen tersebut. Sabuk pemutar akan mengalami keausan karena pemakaian dan berbunyi jika dibiarkan hingga habis bidang geseknya. Segera ganti sabuk pemutar supaya tidak putus dan menimbulkan masalah lebih besar.

4. Celah Katup Mesin

Suara mesin kasar dapat pula timbul akibat celah antara katup dengan penekannya yang terlalu rapat atau longgar. Celah ini dapat berubah dan menyebabkan bunyi seperti logam bergesekan sehingga menimbulkan suara kasar. Apalagi kalau tidak mengganti oli mesin sehingga komponen di sekitar kepala silinder tidak mendapatkan pelumasan yang optimal.

5. Tensioner dan Timing Chain

Timing chain, berfungsi untuk menggerakkan camshaft dengan menerima putaran dari crankshaft. Sedang tensioner berfungsi menjaga ketegangan rantai agar bisa berputar dengan stabil. Seiring waktu, timing chain akan mengalami penurunan performa, seperti kendur sehingga menimbulkan bunyi. Tensioner juga akan mengalami keausan karena selalu bergesekan dengan rantai dan menyebabkan suara kasar.

Servis Berkala Untuk Mencegah Bunyi Kasar dari Ruang Mesin

Seluruh masalah di atas dapat dicegah kalau pemilik mobil rajin melakukan servis berkala kendaraan setiap 6 bulan sekali.



Simak Video "Cara Merawat dan Tekanan Angin Ban Serep Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT