Jangan Disepelekan, Kenali 5 Gejala Mobil Matic Bermasalah

ADVERTISEMENT

Jangan Disepelekan, Kenali 5 Gejala Mobil Matic Bermasalah

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 05 Nov 2022 17:16 WIB
Automatic car gear stick. Automatic transmission gear shift inside modern and sport design car. Gear stick shift on parking mode position. Park-transmission locked in position for parking. Automotive.
Ilustrasi mobil matic. Foto: Getty Images/iStockphoto/Fahroni
Jakarta -

Masalah pada mobil matic rupanya bisa diketahui dari sejumlah tanda yang muncul. Setidaknya sebelum bertambah parah, ketika kamu merasakan tanda-tanda tertentu maka bisa memeriksakannya ke bengkel. Seperti apa tanda-tanda yang dimaksud? Nah Berikut ini dikutip dari laman Auto200, ada lima hal yang menandakan mobil matic bermasalah.

1. Suara Mendengung

Suara mendengung bisa jadi indikasi ada yang tak beres dengan mesin. Auto2000 menyebut, ketika mendengar suara mendengung, sebaiknya langsung memeriksa kondisi transmisi. Terlebih bila suara mendengung itu dibarengi dengan bunyi mirip ketikan benda tumpul yang saling beradu. Suara itu biasanya timbul akibat adanya transmisi yang saling berbenturan. Besar kemungkinan hal itu disebabkan oleh kurangnya dorongan oli transmisi. Perlu digarisbawahi, pad akondisi normal mobil matic tidak mengeluarkan suara kasar.

2. Akselerasi Lambat

Akselerasi yang lambat dengan suara mesin menderu bisa jadi gejala selanjutnya. Bila kamu pernah menginjak pedal sampai suara mesinnya terdengar tapi akselerasi mobil tidak meningkat ada baiknya untuk mengecek kondisinya ke bengkel.

Bisa jadi mobil mengalami masalah di bagian transmisi. Bila hal ini terjadi, kemungkinan drive plat kopling sudah sangat tipis.

3. Mobil Terasa Bergetar

Apabila mobil terasa bergetar, kamu bisa melakukan pengecekan secara mendalam. Mungkin hal itu terjadi karena kampas kopling mulai aus sehingga permukaannya tidak merata.

4. Bau Terbakar

Bau terbakar merupakan salah satu gejala yang muncul menandakan ada masalah pada transmisi matic. Mungkin saja bau itu muncul karena transmisi mengalami overheating dan harus segera diberikan pelumas. Pelumas transmisi tersebut tidak hanya berfungsi memuluskan pergerakan komponen transmisi namun juga menjaga suhunya tetap stabil.

5. Cairan Transmisi Berubah Warna

Kebocoran cairan transmisi juga merupakan salah satu tanda ada yang tidak beres pada mobil matic. Sekadar informasi, cairan transmisi matic memiliki warna merah terang, bersih. Bila warnanya terlihat sudah gelap bahkan menimbulkan bau terbakar maka sebaiknya langsung diganti supaya tidak menyebabkan permasalahan lanjutan.

Itu tadi tanda-tanda yang bisa dikenali ketika mobil matic mengalami masalah. Untuk menghindarinya, kamu bisa melakukan servis berkala secara rutin sesuai waktu yang ditentukan. Di samping itu, kamu juga menghindari kebiasaan kick down. Kick down merupakan istilah ketika pengendara menginjak pedal gas cepat sampai full ketika dalam posisi menanjak atau mendahului kendaraan di depannya. Tujuan dari kick down ini adalah mempercepat akselerasi mobil.



Simak Video "Cek Nih! Ini Gejala yang Muncul Saat Mobil Matic Bermasalah"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT