Cara Pindah Gigi Mobil Matic saat Lewat di Tanjakan

ADVERTISEMENT

Cara Pindah Gigi Mobil Matic saat Lewat di Tanjakan

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 22 Okt 2022 17:10 WIB
Ada Jalan Misteri di kawasan Gunung Kelud, Kediri. Di jalan tersebut, kendaraan bisa menanjak sendiri meski mesin dalam kondisi mati.
Ilustrasi jalan menanjak dengan mobil matic. Foto: Andhika Dwi
Jakarta -

Berbeda dengan mobil manual, transmisi mobil matic memiliki huruf-huruf yang memiliki fungsi berbeda. Untuk bergerak maju misalnya, terdapat pilihan 'D' alias Drive.

Ada juga angka 1 dan 2, atau juga 'L' yang bisa membuat mobil bergerak ke depan pada gigi rendah dan umumnya digunakan di jalanan menanjak. Pada posisi 1, biasanya posisi gigi dibatasi satu gigi saja. Begitu juga dengan 2, berarti mesin dibatasi hanya pada gigi 2. Sedangkan D biasanya digunakan untuk menjalankan mobil di posisi jalan mendatar.

Tapi bagaimana cara perpindahan gigi dari D ke gigi rendah saat melintas di tanjakan. Mengutip laman Auto2000, ada 3 langkah yang bisa kamu terapkan untuk memindahkan gigi mobil matic saat berada di tanjakan sebagai berikut.

1. Sebelum Jalan Menanjak

Pindahkan tuas transmisi D gigi lebih rendah semisal 1 atau L ketika jalanan mulai menanjak. Untuk menanjak, mobil membutuhkan kekuatan torsi yang lebih tinggi. Kalau tidak mendapatkan momentum, maka mobil akan kehilangan tenaga. Kehilangan tenaga ini akan membuat mobil sulit menanjak.

Bila tanjakannya tidak terlalu curam, kamu masih bisa memindahkan tuas transmisi ke

2. Tak Perlu Injak Rem saat Pindahkan Tuas

Ketika memindahkan tuas dari D ke posisi gigi yang lebih rendah, kamu tidak perlu lagi menginjak pedal rem. Kamu hanya perlu melepas pedal gas, baru memindahkan tuas ke posisi gigi yang diinginkan.

Perlu diingat, perpindahan gigi di mobil matic juga dilakukan bertahap. Bila sebelumnya di posisi D, maka posisi berikutnya adalah 1 atau L. Rem digunakan saat posisi mobil terjebak macet. Pun ketika terjebak macet, tuas transmisi dipindahkan ke Netral.

3. Injak Pedal Gas Secara Tepat

Ketika posisi gigi sudah dipindahkan, maka pengendara juga perlu menginjak pedal gas dalam supaya mendapat tenaga lebih optimal.



Simak Video "Jangan Ketuker! Tarik Rem Tangan atau 'P' Dulu?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT