ADVERTISEMENT

Lagi Lewat Tanjakan Macet Naik Mobil Matic, Harus Pakai Gigi Apa?

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 29 Agu 2022 07:08 WIB
Ada Jalan Misteri di kawasan Gunung Kelud, Kediri. Di jalan tersebut, kendaraan bisa menanjak sendiri meski mesin dalam kondisi mati.
Ilustrasi jalan menanjak. Foto: Andhika Dwi
Jakarta -

Mengendarai mobil matic memang gampang-gampang susah. Meski hanya ngegas-ngerem, pengemudi tetap harus mengetahui penempatan posisi tuas transmisi di setiap jalanan yang dilalui. Misalnya ketika berada di tanjakan.

Untuk berjalan maju, tuas transmisi mobil matic umumnya terdapat 'D', '1', '2', dan 'L'. Bila tuas transmisi dipindahkan ke posisi 'D' yang berarti Drive, mobil akan memposisikan gigi secara otomatis. Lalu ketika melewati tanjakan, di mana sebaiknya posisi tuas transmisi?

Mengutip laman Mitsubishi Indonesia, ketika berada di tanjakan dan kondisinya terjal serta macet, kamu bisa memposisikan gigi di '1' atau 'L'. Angka 1 melambangkan mobil di posisi gigi 1, sedangkan L pun memiliki arti 'Low' yang berarti gigi rendah.

Di posisi itu, percepatan dapat diatur untuk memaksimalkan torsi yang besar untuk melibas tanjakan. Dengan gigi berada di posisi tersebut, pastinya daya puntir lebih maksimal dan tidak ada masalah saat melewati tanjakan dengan kemiringan yang ekstrem sekalipun. Sementara untuk menurun, mobil akan menahan kecepatan di gigi terendah sehingga engine brake akan berfungsi menahan laju mobil.

Sedangkan bila tanjakan yang dilalui masih landai, kamu bisa menempatkan di posisi gigi '2'. Dengan gigi di posisi tersebut, menghasilkan kombinasi antara torsi dan tenaga untuk melewati tanjakan yang landai.

Bila mobil yang kamu kendarai memiliki fitur paddle shift, saat melintas di jalan menanjak kamu bisa memindahkan ke gigi rendah. Dengan begitu, mobil akan mendapatkan tenaga lebih maksimal.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur overdrive saat berada di tanjakan, dengan catatan kondisi lalu lintasnya tidak macet. Fitur overdrive juga bisa dimanfaatkan ketika ingin menyalip di jalan tanjakan. Tetapi bila kondisi jalan macet, sebaiknya kamu tidak mengaktifkan fitur overdrive ini ya!



Simak Video "Jangan Ketuker! Tarik Rem Tangan atau 'P' Dulu?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT