Banyak yang Belum Tahu, Ini Manfaat Isi Bensin sampai Full Tank

ADVERTISEMENT

Banyak yang Belum Tahu, Ini Manfaat Isi Bensin sampai Full Tank

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 26 Okt 2022 07:25 WIB
SPBU
Mengisi bensin disarankan hingga full tank. (Foto: Dok. Pertamina)
Jakarta -

Tidak semua pengendara mengisi bensin secara penuh. Padahal, mengisi tangki kendaraan hingga penuh ternyata memiliki sejumlah manfaat. Manfaat itu tentunya berkaitan dengan performa mesin dalam jangka panjang.

Untuk mengisi penuh, kamu bisa mengakalinya saat posisi bensin sudah setengah supaya biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Jadi tak perlu menunggu hingga tangki kosong.

Lalu apa saja manfaatnya? Mengutip laman MyPertamina, mengisi bensin full tank bisa mencegah tangki berembun. Tangki yang dibiarkan kosong dalam waktu tertentu pasti sudah berisi udara dan tidak lama berubah menjadi embun.

Embun tersebut juga bisa berubah menjadi air. Nah air dari embun ini justru membahayakan mesin bila tercampur dengan BBM. Kendaraan bisa tersendat akibat campuran air dengan BBM di dalam tangki itu.

Air di tangki itu juga berpotensi menimbulkan karat. Karat yang tercampur dengan bensin bisa menyumbat aliran BBM. Kalau sudah begitu, aliran bensin ke mesin sudah pasti tidak lancar. Akibatnya, mesin bisa tersendat bahkan lebih parahnya tidak mau dihidupkan. Belum lagi kalau dinyalakan, mesin bisa mengeluarkan suara bising. Performa juga jelas bakal menurun.

Perlu dicatat, mengisi bensin secara penuh ini tak berarti sampai luber ya. Hindari untuk mengisi hingga luber karena justru membahayakan orang lain. Terlebih bila ada percikan api di sekitar, maka bisa memicu terjadinya kebakaran.

Bensin yang tumpah itu bila terkena ban, juga bisa mengakibatkan komponen ban lama kelamaan jadi rusak. Begitu juga dengan komponen lain yang berpotensi rusak karena terkena tumpahan bensin.

Tak kalah penting dari mengisi bensin hingga penuh, gunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan. Rekomendasi bahan bakar tersebut bisa dilihat di buku manual kendaraan atau di tutup tangki bensin. Ini dilakukan juga untuk menjaga performa mobil tetap optimal dan menghindari mesin mengelitik.



Simak Video "Cek Nih! Ini Gejala yang Muncul Saat Mobil Matic Bermasalah"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/sfn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT