Bikin Mobil Irit BBM, Coba Manfaatkan Fitur Ini

ADVERTISEMENT

Bikin Mobil Irit BBM, Coba Manfaatkan Fitur Ini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 26 Sep 2022 17:36 WIB
Indicator Eco Drive Bantu Pengemudi Berkendara Irit BBM
Foto: Indicator Eco Drive Bantu Pengemudi Berkendara Irit BBM (Dok. Mitsubishi)
Jakarta -

Di tengah harga bahan bakar minyak (BBM) yang semakin mahal, pengendara sebenarnya bisa menghemat. Caranya dengan menerapkan eco driving. Untuk menerapkan teknik berkendara yang irit bahan bakar, kamu bisa memanfaatkan fitur yang ada di mobil-mobil terkini.

Fitur yang dimaksud adalah Eco Indicator. Dikutip dari situs resmi Mitsubishi Motors, fitur Eco Indicator itu disebut dengan nama Eco Drive Assist dan Eco Drive Meter. Fitur ini sangat berguna untuk memandu pengemudi mendapatkan gaya berkendara yang lebih efisien bahan bakar dan ramah lingkungan.

Biasanya, eco drive meter ini hadir dengan tampilan daun seperti di mobil Mitsubishi Xpander, Xpander Cross dan Pajero Sport. Tampilan eco meter akan berubah tergantung bagaimana kamu mengemudi.

Selain itu ada informasi yang tertulis ECO. Jika pengemudi berkendara dengan efisien maka informasi ECO akan terus menyala. Namun jika tidak, maka informasi ECO akan hilang.

Semakin efisien berkendara maka bagian dalam daun yang semula kosong akan terisi dengan warna hijau. Jika seluruh daun terisi hijau maka gaya berkendara dipastikan benar-benar efisien.

Untuk menerapkan cara berkendara irit bahan bakar ini, tidak disarankan menekan pedal gas terlalu dalam secara mendadak, terutama saat mobil berjalan dari kondisi diam. Sebaiknya, berakselerasilah secara perlahan dan bertahap. Dengan cara ini, konsumsi BBM jadi lebih hemat.

Agar indikator eco drive ini menyala, yang menandakan kamu berkendara dengan irit, disarankan untuk mengemudi dengan kecepatan konstan. Sebagai contoh: Laju kecepatan mobil jangan melebihi 80 km/jam. Kemudian lakukan perpindahan gigi di kisaran 2.000 rpm untuk mobil manual, atau jika berkendara dengan mobil bertransmisi otomatis bisa pertahankan putaran mesin di sekitar 2.000 rpm.

Kamu dapat menggunakan engine brake atau melepas pedal gas untuk mengurangi laju kendaraan. Cara ini juga disebut dengan deselerasi. Saat menggunakan engine brake, mesin akan menghentikan suplai bahan bakar dan penggunaan bahan bakar lebih hemat.

Selain memanfaatkan fitur indikator Eco Drive, kamu juga bisa memanfaatkan fitur cruise control. Dengan cruise control, laju kendaraan akan konstan sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit.

"Yang perlu dicatat adalah ada dua tipe cruise control, cruise control normal dan adaptive cruise control. Yang dipakai Xpander adalah cruise control normal. Karena kelasnya Small MPV jadi tidak bisa taruh luxurious feature seperti adaptif cruise control yang complicated. Cruise control standar, walau kecepatan bisa di-lock, tapi driver awareness harus tetap ada. Yang kedua, adaptive cruise control. Kita punya Pajero dengan fitur adaptive cruise control dan pengeraman aktif. Mobil akan mengikuti kecepatan mobil yang di depannya. Ini fitur premium makanya adanya di mobil premium," kata pereli nasional Rifat Sungkar yang juga duta merek Mitsubishi Indonesia.



Simak Video "Cek Nih! Ini Gejala yang Muncul Saat Mobil Matic Bermasalah"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT