ADVERTISEMENT

Berapa Biaya Servis Toyota Avanza Setelah 50.000 Km?

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 11 Jun 2022 18:49 WIB
Logo Avanza
Berapa biaya servis Avanza setelah 50.000 km? Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Toyota Avanza merupakan salah satu Low MPV terpopuler di Tanah Air. Ada beberapa hal yang membuat Avanza memegang takhta tersebut. Selain harga yang diklaim terjangkau, biaya perawatan pun disebut ramah kantong. Benarkah demikian?

Mengutip laman Toyota Astra Motor, biaya perawatan Avanza berbeda-beda tergantung periode servisnya. Untuk servis pertama hingga ke-6 atau 50.000 km pemilik mobil masih digratiskan membayar harga jasa. Sedangkan kalau ada penggantian komponen, masih akan dibebankan kepada konsumen.

Lalu bagaimana dengan servis setelah 50.000 km atau servis ketujuh? Pada servis ketujuh atau 60.000 km, pemilik mobil akan dikenakan biaya Rp 1.1.20.500. Pada servis berkala periode ini, ada beberapa komponen yang diperiksa antara lain aki, sasis kendaraan, freon, emisi, klakson, ban, lampu-lampu, minyak power steering, oli gardan, oli transmisi (mobil manual), sistem pengereman dan kopling, sistrm pendingin, saringan udara suspensi depan dan belakang, tali kipas, serta wiper dan washer. Adapun untuk part yang diganti yakni Gasket, oli mesin, dan saringan oli.

Lalu bada servis kedelapan atau 70.000 km, estimasi biaya yang dikeluarkan adalah Rp 1.074.300. Untuk part yang diperiksa dan diganti tak jauh berbeda dengan servis ketujuh.

Biaya pada servis kesembilan akan lebih besar lagi yakni Rp 2,633.500 untuk versi otomatis dan Rp 2.387.500 untuk varian manual. Komponen yang diganti juga lebih banyak mulai dari gasket, oli mesin, oli gardan, oli transmisi, saringan oli, saringan udara, saringan bensin, busi-busi (selain bus iridium), minyak rem dan kopling.

Setelah itu pada servis kesepuluh atau 90.000 km, estimasi biaya yang dikeluarkan adalah Rp 1.074.300. Ada beberapa komponen yang wajib diganti seperti gasket, oli mesin, saringan oli, dan saringan Air Conditioner.

Lalu pada servis kesebelas, tepatnya 100.000 km, sejumlah komponen juga wajib diganti. Komponen itu adalah gasket, oli mesin, oli transmisi (varian matic), dan saringan oli. Pada servis ini, estimasi biaya yang dikeluarkan adalah Rp 1.480.500.

Perlu dicatat, biaya tersebut hanya estimasi menggunakan TMO 10W-40. Harga bisa berbeda dan lebih mahal bila ada penggantian komponen. Penggantian komponen sendiri didasarkan pada kondisi mobil dan masa pemakaian.



Simak Video "Punya Avanza Veloz Umur 5 Tahun? Siapkan Dana Segini untuk 'Servis Besar'"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT