Cara Menyetir Mobil Manual Supaya Tidak Mundur saat Macet di Tanjakan

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 04 Mei 2022 14:31 WIB
Mobil manual
Ilustrasi pedal gas mobil manual Foto: Drivespark
Jakarta -

Momen lebaran dimanfaatkan banyak orang untuk pulang ke kampung halaman. Tak jarang pengemudi bertemu dengan lalu lintas yang padat dan menanjak. Nah, berikut ini cara menyetir mobil manual supaya tidak mundur saat macet di tanjakan.

Mengemudikan mobil manual memang perlu keahlian dan kesabaran ekstra. Apalagi dihadapkan pada kondisi jalan yang menanjak dan macet, kuncinya jangan panik dulu.

Dikutip dari berbagai sumber, serta keterangan Praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, gunakan rem tangan saat mobil berhenti di tanjakan.

"Jadi ketika di tanjakan, parking brake on, mobilnya akan bergerak merayap, gas dan kopling diselip dulu tuh, setelah dirasa mobilnya agak maju, baru parking brakenya diturunkan," jelas Sony.

Lebih jelasnya, tuas rem tangan diaktifkan. Lalu posisikan kaki kiri di pedal kopling dengan menginjak penuh. Ketika lalu lintas mulai bergerak, geser tuas transmisi ke gigi satu.

Selanjutnya, kaki kanan berada di pedal gas. Sementara tangan kiri bersiap melepas rem tangan.

Setelah itu pengemudi melakukan tiga hal secara bersamaan, yakni kaki kanan menginjak pedal gas, dan kaki kiri perlahan membuka pedal kopling, ketika perlahan jalan, tekan tuas lock pada tuas rem dan secara perlahan turunkan rem tangan. Cara ini butuh latihan hingga menemukan feel yang tepat.

Cara lain bagi pengemudi yang sudah mahir biasanya menggunakan pedal rem untuk menahan posisi mobil tetap diam saat tanjakan. Biasanya teknik ini dilakukan jika kemacetan tanjakan cuma sebentar dan tidak terlalu tinggi.

Dalam laman Auto2000 dan Wuling Indonesia disebutkan, cara ini menggunakan kombinasi rem kaki, gas dan kopling dengan menyesuaikan putaran mesin.

Saat mobil berhenti di tanjakan, injak kopling dengan kaki kiri, sementara kaki kanan berada di pedal rem. Ketika hendak berjalan, kaki kiri tetap berada di pedal kopling.

Selanjutnya, pindahkan kaki kanan ke pedal gas dengan cepat menekannya hingga ke 2000 rpm sembari melepas kopling secara perlahan. Perlu dipahami saat pedal rem dilepas ada risiko mobil mundur.

Dari kedua cara di atas, rasanya teknik yang kedua adalah teknik yang tersulit. Butuh latihan dan keterampilan yang ekstra untuk bisa melakukannya.



Simak Video "Catat! Denda Nggak Bawa SIM dan Tak Punya SIM Berbeda"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)