ADVERTISEMENT

Jadwal Istirahat Kalau Mudik Naik Motor: Wajib 2 Jam Sekali

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 26 Apr 2022 19:29 WIB
Mudik jadi momen yang ditunggu untuk berlebaran bersama keluarga di kampung halaman. Meski berbahaya, tak sedikit warga yang membawa anak untuk mudik naik motor.
Mudik naik motor jangan lama-lama. Setiap 2 jam harus istirahat (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Sepeda motor memang tidak disarankan untuk digunakan perjalanan jauh seperti mudik karena keamanannya. Namun, masih banyak masyarakat yang terpaksa mudik naik motor karena berbagai alasan.

Untuk itu, penting bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor memperhatikan aspek keselamatan berkendara. Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky, mengingatkan beberapa hal untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara baik jarak jauh maupun jarak dekat.

Menurutnya, pengendara sepeda motor harus memperhatikan jarak tempuh. Jika berkendara jarak jauh yang memiliki jarak berkendara lebih dari 2 jam, para pengendara harus melakukan istirahat setiap 2 jam sekali mengingat kondisi tubuh yang mulai lelah. Jika berkendara jarak dekat yakni kurang dari dua jam, perlu diperhatikan asupan cairan dalam tubuh dengan memperbanyak minum serta istirahat.


Selanjutnya, pemudik harus membuat rencana perjalanan.Pengendara dapat mengecek kondisi lalu lintas dari berbagai aplikasi perjalanan dan mencari jalan alternatif yang bisa dilalui agar tidak terjebak dalam kemacetan. Para bikers juga perlu melihat kondisi cuaca dan area yang akan dilewati, sehingga dapat memberikan gambaran kondisi perjalanan serta perlengkapan yang dibawa.

"Para bikers perlu mengetahui kondisi jalur yang akan dilalui baik melihat aplikasi peta digital ataupun referensi bacaan yang dapat menambah informasi. Perencanaan ini akan memberikan estimasi waktu tempuh, lokasi istirahat untuk dalam jangka waktu minimal 30 menit, dan tempat pembelian bahan bakar," ujar Lucky.


Jangan lupakan penggunaan riding gear atau perlengkapan keselamatan berkendara. Tidak hanya helm dan sarung tangan, para bikers wajib menggunakan riding gear yang tepat untuk dapat menutupi seluruh tubuh seperti jaket, celana panjang, sarung tangan dan sepatu, serta juga menggunakan masker untuk berkendara. Selalu menggunakan masker saat beristirahat di tempat umum, sehingga mengurangi resiko terpapar virus atau penyakit lainnya.



Simak Video "Wilayah Mana yang Paling Banyak Jadi Tujuan Mudik 2022?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT